Your browser does not support JavaScript!
Terapi Target, Pengobatan Lain Untuk Kanker
Terapi Target, Pengobatan Lain untuk Kanker

Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang sering digunakan untuk mengobati kanker. Namun, nyatanya, ada pengobatan lain kanker selain kemoterapi, yaitu Terapi Target.  

Terapi target (Targeted therapy) adalah pengobatan kanker yang secara khusus menargetkan sel kanker dengan menggunakan obat atau zat lainnya untuk menghalangi sinyal kimia di tingkat sel, tingkat di mana pertumbuhan dan pembelahan sel kanker terjadi.

Terapi target bisa digunakan untuk mengobati Kanker hati, kanker usus besar, kanker payudara, kanker ovarium, kanker ginjal, kanker kepala dan leher, kanker paru, dan kanker kelenjar getah bening. 

"Pemberian terapi target dalam pengobatan kanker biasanya dikombinasikan dengan pembedahan, kemoterapi, dan terapi radiasi tergantung dari jenis dan stadium kanker," kata DR. dr. Noorwati Sutandyo, Sp.PD, KHOM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Hematologi Onkologi Medik dari Mayapada Hospital Tangerang (MHTG).

Perbedaan terapi target dengan kemoterapi

Obat yang digunakan di dalam terapi target jauh lebih spesifik dibandingkan obat yang digunakan pada kemoterapi. Pada terapi target, obatnya hanya menargetkan ke sel-sel kanker saja, sehingga hanya berefek pada sel-sel kanker, tanpa pengaruhi sel lain yang normal nan sehat. 

Hal tersebut jelas berbanding terbalik dengan kemoterapi. Obat kemoterapi bisa merusak sel lainnya yang sehat dan normal. Tak hanya itu, kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker yang telah ada. Sedangkan terapi target memiliki tujuan untuk menghalangi mekanisme sel kanker dan mencegah penyebaran. 

Jenis obat terapi target

  • Molekul kecil, yakni sebuah obat yang dapat masuk ke dalam sel kanker dan mengusik fungsi sel kanker. Obat ini dapat diberikan dengan melalui oral.

  • Antibodi monoklonal, yakni sebuah obat yang bekerja dalam menargetkan molekul yang ada di permukaan sel kanker. Obat ini pada umumnya diberikan melalui infusan. 

Pengobatan kanker menggunakan terapi target bisa dilakukan di Oncology Center, Mayapada Hospital. Informasi lebih lanjut bisa hubungi hotline 150770.

Digital Dokterid
Oct 15  -  2 min read