Your browser does not support JavaScript!
Tak Semua Perempuan Jadi Target, Ini Aturan Vaksin Serviks Wajib
Tak Semua Perempuan Jadi Target, Ini Aturan Vaksin Serviks Wajib

Baru-baru ini Menkes RI mengumumkan adanya vaksin wajib tambahan yang akan diberlakukan di Indonesia, yakni vaksin kanker serviks. Sebenarnya, program vaksin ini telah ada sejak tahun 2021 lalu.

Program wajib vaksin human papillomavirus (HPV) akan segera dilakukan mulai tahun ini. Tak hanya itu, wajib vaksin ini dinyatakan tidak akan dipungut biaya sama sekali.

Alasan pemerintah menjadikan vaksin serviks sebagai vaksin wajib didasari dengan banyaknya tingkat kematian pada perempuan di Indonesia yang disebabkan oleh kanker serviks, dan penyebab itu juga menjadi penyebab kematian terbanyak.

Meski menjadi vaksin wajib yang bersifat gratis, namun kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap atau dengan kata lain baru berlaku di sejumlah provinsi. "Akan jadi program pemerintah," tegas Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmiz dikutip dari Detik.

Program wajib vaksin ini akan mulai dijalankan untuk seluruh masyarakat Indonesia pada 2023 mendatang. Target utama pemberian vaksin gratis ini akan diberikan kepada kelompok anak-anak perempuan yang duduk di bangku sekolah dasar.

Vaksin ini memanglah gratis, namun melansir dari CNN Indonesia, vaksin yang akan diberikan secara berkala ini bersifat mandiri atau berbayar untuk perempuan di luar dari kelompok tersebut, tepatnya berbayar untuk remaja dan dewasa.

 

Digital Dokterid
Apr 20  -  2 min read