Your browser does not support JavaScript!
Siapa Yang Tidak Boleh Menerima Vaksin Hepatitis?
Siapa yang Tidak Boleh Menerima Vaksin Hepatitis?

Karena usia, keadaan kesehatan tertentu, dan berbagai faktor lainnya; beberapa orang mungkin tidak dapat menerima suatu jenis vaksin tertentu atau harus menunggu selama beberapa waktu sebelum menerima vaksin tersebut, termasuk vaksin hepatitis, baik vaksin hepatitis A maupun B.

 

Vaksin Hepatitis A

Beberapa keadaan yang membuat seseorang tidak dapat menerima vaksin hepatitis A atau harus menunggu selama beberapa waktu sebelum diperbolehkan menerima vaksin hepatitis A adalah:

  • Seseorang yang pernah mengalami reaksi alergi berat pada saat menerima vaksin hepatitis A sebelumnya
  • Seseorang yang pernah mengalami reaksi alergi berat terhadap komponen vaksin apapun
  • Seseorang yang sedang sakit, baik sakit sedang maupun berat pada saat akan menerima vaksin harus menunggu hingga sembuh sebelum dapat menerima vaksin. Seseorang yang sakit ringan biasanya masih dapat menerima vaksin
  • Seseorang yang sedang hamil

 

Vaksin Hepatitis B

Orang-orang yang tidak boleh menerima vaksin hepatitis B adalah:

  • Seseorang yang menderita alergi terhadap ragi atau jamur atau komponen vaksin lainnya
  • Seseorang yang pernah mengalami reaksi alergi berat setelah menerima vaksin hepatitis B
  • Seseorang yang sedang mengalami sakit sedang maupun berat saat akan menerima vaksin harus menunggu hingga sembuh sebelum diperbolehkan menerima vaksin

Bila Anda berniat mendonorkan darah dan baru saja menerima vaksin hepatitis B, maka dianjurkan agar Anda menunggu selama 28 hari. Hal ini dikarenakan pemeriksaan skrining dapat memberikan hasil positif palsu (dianggap menderita hepatitis B) karena masih adanya vaksin di dalam darah.

 

Sumber: cdc

Editor Dokter.id
Jul 15  -  2 min read