Your browser does not support JavaScript!
Sering Kencing Di Malam Hari, Berbahayakah?
Sering Kencing di Malam Hari, Berbahayakah?

Sering kencing di malam hari atau yang juga dikenal dengan nama nokturia tidak hanya membuat tidur Anda terganggu, tetapi juga merupakan suatu hal yang tidak normal. Sering terbangun di malam hari juga dapat membuat stamina Anda menurun, mengganggu kemampuan berpikir, dan mengganggu kesehatan Anda secara keseluruhan. Selain itu, nokturia juga dapat merupakan gejala dari suatu gangguan kesehatan lain.

Apakah Anda Benar-benar Harus Buang Air Kecil?

Saat Anda terbangun di malam hari, apakah Anda benar-benar terbangun karena ingin buang air kecil atau Anda hanya terbangun tanpa penyebab yang jelas dan sekalian saja Anda buang air kecil. Bila demikian, maka Anda mungkin mengalami insomnia, dan bukannya gangguan kandung kemih.

Sebaliknya, bila Anda bahkan bermimpi sedang buang air kecil, berarti Anda memang perlu buang air kecil. Akan tetapi, perhatikanlah berapa banyak air kemih yang Anda keluarkan saat buang air kecil. Bila hanya sedikit air kemih yang keluar, maka Anda mungkin memiliki kandung kemih yang overaktif.

Sementara itu, bila jumlah air kemih yang Anda keluarkan memang banyak maka hal ini mungkin dikarenakan Anda mengkonsumsi terlalu banyak air dan atau karena Anda mengkonsumsi berbagai jenis minuman yang mengandung kafein atau alkohol sebelum tidur. Selain dapat mengganggu tidur Anda di malam hari, kafein juga dapat memicu terjadinya kandung kemih bekerja secara berlebihan (overaktif), yang akan membuat Anda menjadi lebih sering buang air kecil di waktu siang dan malam hari.

Untuk mengatasinya, dianjurkan untuk membatasi jumlah air yang Anda konsumsi setelah pukul 6 sore dan batasi jumlah kafein yang Anda konsumsi di pagi hari.

Selain disebabkan oleh berbagai hal di atas, sering buang air kecil, termasuk di malam hari juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan lain seperti:

  • Diabetes
  • Diabetes gestasional
  • Gangguan jantung
  • Pembesaran kelenjar prostat jinak
  • Prolapses uterus
  • Infeksi saluran kemih
  • Penyakit radang panggul
  • Sistitis interstitial, suatu proses radang yang mengenai dinding kandung kemih yang dapat menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat dan nyeri hebat di daerah perut maupun saat buang air kecil
  • Beberapa jenis obat-obatan

Pada sejumlah wanita, sering buang air kecil di malam hari dapat diatasi dengan melakukan olahraga Kegel sehingga otot-otot dasar panggulnya pun menjadi lebih kuat.

Jika Anda terus terbangun untuk buang air kecil lebih dari 1 kali di malam hari, maka dianjurkan agar Anda segera memeriksakan diri Anda ke seorang dokter.

Sumber: womenshealthmag

Nov 11  -  3 min read