Your browser does not support JavaScript!
Seperti Nikita Willy, Ini Kelebihan Melahirkan Anak Di Amerika Serikat
Seperti Nikita Willy, Ini Kelebihan Melahirkan Anak di Amerika Serikat

Sebagian orang mungkin mempermasalahkan tempat lahir sang calon buah hati, seperti Nikita Willy yang baru-baru ini dikabarkan memilih untuk melahirkan anak pertamanya di Los Angeles, Amerika.

Sebagaimana dikutip dari situs resmi dr Thais Aliabadi, dokter yang menangani proses persalinan Nikita menawarkan proses persalinan yang berbeda dengan di Indonesia. Bedah ginekologi invasif minimal adalah penggunaan teknik yang kurang invasif, seperti laparoskopi atau histeroskopi, untuk mengobati kondisi ginekologi secara pembedahan. Teknik invasif minimal tidak memerlukan atau hanya beberapa sayatan kecil, bukan satu sayatan besar.

Mengutip dari UT Southwestern Medical Center, teknik invasif minimal menawarkan alternatif yang lebih aman dan efektif untuk operasi terbuka tradisional dengan menghindari sayatan yang besar. Dengan operasi ginekologi invasif minimal, pasien biasanya memiliki keuntungan seperti sayatan lebih kecil, kehilangan darah lebih sedikit, rasa sakit lebih sedikit, masa inap di rumah sakit lebih pendek, pemulihan lebih cepat dan kembali ke aktivitas sehari-hari, hingga dikitnya risiko infeksi atau komplikasi lain.

Meski di Indonesia juga terdapat metode yang dapat mempercepat persalinan, namun metode tersebut hanya mengurangi rasa mulas dan nyeri saat persalinan. Dikutip dari Hello Sehat, metode tersebut dikenal sebagai metode ILA (intratechal labour analgesia).

Diketahui dapat meringankan rasa nyeri, namun ILA berbeda dengan teknik invasive minimal, yang juga memudahkan pemulihan pasca melahirkan lantaran ukuran sayatan yang lebih kecil.

Kelebihan secara akses

"Hak atas tanah" sangat diperhatikan di AS – anak-anak yang lahir di AS memiliki kewarganegaraan sebagai hak kelahiran. Dengan kata lain, jika ingin anak kamu menjadi warga negara Amerika, tentukan agar anak tersebut lahir di rumah sakit yang berada di AS.

Mengutip laman American Corporate Services Law Offices, lahir di AS memberikan berbagai manfaat bagi anak selain menjadi kewarganegaraan Amerika dan nomor Jaminan Sosial seperti, visa bebas masuk ke 169 negara yang berbeda, kelayakan untuk tunjangan pemerintah termasuk asuransi sosial, hibah saat mendaftar di lembaga pendidikan utama AS, dinas militer sukarela dengan remunerasi dan fasilitas yang memadai, hingga akses ke berbagai sumber kredit setelah usia 21 tahun.

Digital Dokterid
Apr 14  -  2 min read