Your browser does not support JavaScript!
Semakin Ribet, Ini Aturan Terbaru Untuk Mudik Lebaran 2022
Semakin Ribet, Ini Aturan Terbaru untuk Mudik Lebaran 2022

Pemerintah diketahui  telah memberikan kelonggaran kepada masyarakat terkait aktivitas bulan Ramadhan, salah satunya adalah tradisi mudik. Seperti yang diketahui sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah syarat untuk melakukan mudik, namun baru-baru ini terjadi perubahan dalam syarat mudik.

Sebagaimana dilansir dari Detik, Satgas Penangan Covid-19 kembali memberikan aturan mudik ter baru. Hal ini ditandai dengan adanya aturan khusus untuk mereka yang masih berusia 6-17 tahun.

Terdapat kebijakan khusus untuk kelompok di bawah 18 tahun, yakni tidak wajibnya melakukan booster, melainkan cukup memperlihatkan sertifikat vaksin kedua saja. Aturan ini berlaku untuk seluruh jenis transportasi.

Adapun perubahan aturan terbaru dari pemerintah terkait mudik lebaran 2022 meliputi:

  • Pelaku mudik yang telah mendapatkan booster tidak wajib memperlihatkan hasil negatif pada tes PCR maupun antigen.
  • Pelaku  mudik yang belum mendapatkan booster namun sudah vaksin kedua wajib memberikan hasil negatif pada tes antigen dengan ketentuan 1x24 jam sebelum perjalanan atau hasil negatif PCR yang dilakukan dalam kurun 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Pelaku mudik yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama wajib membawa hasil negatif pada tes PCR yang diambil 3x24 jam sebeluum keberangkatan.
  • Pelaku mudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus yang mengakibatkan tidak dapat menerima vaksinasi Covid-19 wajib membawa hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Pelaku mudik di bawah 6 tahun mendapatkan pengecualian vaksinasi dan tidak wajib untuk melakukan tes PCR maupun antigen, meski demikian protokol kesehatan yang ketat diwajibkan.
  • Pelaku mudik dengan usia 6-17 tahun yang telah mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19 tidak perlu membawa hasil negatif pada tes antigen.

Tak hanya booster atau hasil tes antigen maupun PCR yang menjadi syarat wajib, data pada eHAC di aplikasi PeduliLindungi pun wajib diisi untuk seluruh pelaku mudik. Meski demikian, aturan eHAC tidak diwajibkan untuk kelompok anak di bawah 6 tahun.

Digital Dokterid
Apr 21  -  2 min read