Your browser does not support JavaScript!
Seks Dapat Ringankan Gejala Demam, Benarkah?
Seks Dapat Ringankan Gejala Demam, Benarkah?

Apakah gejala demam bisa diringankan dengan melakukan seks? Jawabannya cukup memungkinkan. Sebuah penelitian oleh Sina Zarrintan dari Tabriz University, Iran menemukan adanya keterkaitan antara seks dan pengurangan gejala demam.

Dalam penelitiannya pada tahun 2009 itu, Sina menekankan bahwa Seks Dapat Ringankan Gejala Demam, Benarkah?

Penelitian tersebut mencatat bahwa hubungan intim dapat mengarah pada pengencangan pembuluh darah pada mata dan hidung yang dapat membantu membuka penyumbatan pada hidung dan mencegah mata berair.

Namun demikian, dosen di Chester Medical School, Dr Gareth Nye memiliki keraguan tentang pengalihan darah dari hidung ke alat kelamin dapat berpengaruh pada demam.

"Dengan durasi berhubungan intim yang normal sekitar 5 menit, kamu tidak akan dapat menenangkan demam dalam waktu yang lama, jika itu bisa maka seks benar-benar dapat mengurangi gejala demam," kata Dr Gareth dikutip dari Metro.

Selain itu, meskipun memengaruhi di antara 10 dan 30 persen dari populasi orang dewasa pada tahun tertentu, penelitian ini menemukan bahwa menggunakan seks untuk memerangi demam ditemukan efektif pada pria, sebaimana dilansir dari JOE.

Memang benar bahwa orgasme dapat meredakan stres (baik yang diberikan melalui masturbasi atau seks berpasangan) juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Meski demikian, tidak ada bukti yang tepat untuk menunjukkan bahwa seks secara khusus dapat membantu masalah demam.

Digital Dokterid
Jun 16  -  2 min read