Your browser does not support JavaScript!
Saat Stres, Wanita Sering Konsumsi Minuman Alkohol
Saat Stres, Wanita Sering Konsumsi Minuman Alkohol

Sejumlah orang mengonsumsi minuman alkohol untuk memberikan rasa tenang setelah mengalami hari yang berat. Dalam sebuah penelitian terbaru, ditemukan bahwa stres menjadi pemicu seseorang menenggak minuman alkohol, dan lebih banyak dilakukan wanita ketimbang pria.

Dalam penelitian yang dipimpin Julie Patock-Peckham dari Social Addictions Impulse Lab di Arizona State University itu melibatkan 105 wanita dan 105 pria. Responden berasal dari orang yang mengunjungi bar. Partisipan dipilih secara acak, baik yang mengalami stres maupun tidak. 

Hasil penelitian itu menyebutkan, ketika sedang stres, sejumlah orang bisa minum satu sampai dua gelas alkohol, dan beberapa orang lainnya menenggak lebih dari dua gelas.

Wanita yang mengalami stres lebih banyak minum tanpa mempertimbangkan bahwa minuman pertama mereka mengandung alkohol atau tidak. Patock-Peckham mencatat, kedua gen dan lingkungan merupakan faktor dari adanya problem drinking. 

Stres dan lemahnya untuk menahan meminum minuman beralkohol memiliki keterkaitan yang kuat. "Bahwa wanita hanya membutuhkan stres tetapi pria membutuhkan dorongan untuk minum alkohol menunjukkan betapa pentingnya jenis penelitian ini," ujar Julie Patock-Peckham. 

 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Dec 22  -  2 min read