Your browser does not support JavaScript!
Rose Blackpink Idap Herpes Zoster Saat Pandemi Covid-19
Rose Blackpink Idap Herpes Zoster Saat Pandemi Covid-19

Salah satu anggota girlband Blackpink baru-baru ini mengungkapkan keluh kesahnya terkait pandemic Covid-19. Dirinya diketahui mengungkapkan hal tersebut melalui wawancara bersama Rolling Stone.

Ketika ditanya bagaimana pandemi memengaruhi dirinya, Rose akui bahwa pandemi memberikan dampak yang buruk baginya. "Oh itu amat buruh. Aku tidak pernah beristirahat seperti itu di dalam hidupku, dan itu sangat buruk," ungkap Rose.

Wanita berusia 25 tahun itu mengatakan bahwa dirinya sakit dan mengidap herpes zoster. Stres yang berlebih membuat daya tahan tubuh Rose melemah dan terpapar herpes zoster.

"Itu datang dengan aku tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam hidup tanpa pekerjaan. Aku seorang workaholic, jelas. Aku tidak tahan dengan kenyataan bahwa tiba-tiba semua jadwal kami kosong untuk dua hingga tiga bulan ke depan. Aku mulai berpikir, "Bagaimana jika orang tidak tertarik pada aku, atau kita, pada akhir pandemi ini? Apa yang akan aku lakukan selama sisa hidup ku?" kata Rose dikutip Rolling Stone.

Apa itu herpes zoster?

Herpes zoster atau shingles atau dikenal juga dengan cacar ular merupakan infeksi virus yang menyebabkan ruam yang menyakitkan. Melansir laman Mayo Clinic, herpes zoster dapat terjadi di mana saja di tubuh manusia, herpes zoster paling sering muncul sebagai satu garis lepuh yang membungkus sisi kiri atau kanan tubuh.

Sebagai gejala, seseorang yang terpapar herpes zoster akan merasakan nyeri, gatal, sebelum pada akhirnya muncul ruam. Umumnya, ruam terjadi dalam satu garis di sekitar sisi kiri atau kanan tubuh.

Dalam kasus lain, ruam terjadi di satu sisi wajah. Herpes zoster di wajah dapat mempengaruhi mata dan menyebabkan kehilangan penglihatan. Dalam kasus yang jarang terjadi (biasanya pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah), ruam mungkin lebih menyebar di tubuh dan terlihat mirip dengan ruam cacar air, sebagimana dilansir CDC.

Herpes zoster disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV), virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Setelah seseorang sembuh dari cacar air, virus tetap tidak aktif (tidak aktif) di dalam tubuhnya. Virus dapat aktif kembali di kemudian hari, menyebabkan herpes zoster.

Orang yang belum menerima vaksinasi cacar air memiliki risiko yang tinggi untuk terpapar herpes zoster.

Digital Dokterid
May 27  -  2 min read