Your browser does not support JavaScript!
Risiko Hamil Di Usia 35 Tahun Ke Atas
Risiko Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas

Calon ibu yang sedang mengandung di atas usia 35 tahun punya sejumlah risiko terhadap kesehatan. Sebagaimana dilansir dari Mayo Clinic, berikut risikonya:

  • Memakan waktu lebih lama

    Ketika kamu mencapai usia di tengah atau akhir usia 30, sel telur pada tubuh akan menurun berdasarkan kualitas serta kuantitas. Tingkat kesuburan pada wanita pun berbeda berdasarkan usia, semakin tua wanita maka semakin kurang subur.

  • Kemungkinan hamil kembar

    Peluang untuk hamil kembar meningkat pada usia ini. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang dapat menyebabkan pelepasan sejumlah sel telur di waktu yang sama. 
  • Kemungkinan terkena Diabetes Gestasional

    Diabetes Gestasional atau juga dikenal dengan diabetes kehamilan merupakan hal yang sering terjadi pada wanita hamil, khususnya wanita yang berusia di pertengahan atau akhir 30.

    Diabetes Gestasional juga dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, tingginya tekanan darah selama masa kehamilan, hingga komplikasi saat persalinan.
     
  • Kemungkinan melahirkan C-section

    Ibu yang sudah berusia tua, memiliki risiko lebih tinggi untuk melahirkan anak secara Caesar atau C-section. Biasanya, hal ini didukung dengan adanya kondisi komplikasi di saat plasenta menutupi cervix. 

  • Tingginya risiko keguguran

    Risiko akan kehilangan calon bayi melalui keguguran atau meninggal saat melahirkan mengalami peningkatan semakin bertambahnya usia. Untuk mengatasinya, kamu bisa menanyakan dengan dokter untuk melihat kesehatan bayi selama minggu akhir dari masa kehamilan. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

 

Digital Dokterid
Dec 29  -  2 min read