Your browser does not support JavaScript!
Rambut Rontok Hingga Botak, Waspada Alopecia
Rambut Rontok Hingga Botak, Waspada Alopecia

Satu dari sekian masalah rambut yang umum terjadi adalah rambut rontok. Namun, bila kerontokan itu berlangsung secara berlebihan, kemungkinan itu gejala dari penyakit Alopecia. Alopecia adalah penyakit autoimun yang bisa membuat kebotakan pada kepala serta rambut rontok. 

Dalam sebuah artikel di situs Scary Mommy, diberitakan aktris Jada Pinkett Smith (Istri Will Smith) termasuk penderita Alopecia. Jada pernah berbagi pengalaman menderita Alopecia pada tahun 2018. 

Meski mengalami rambut rontok, Jada justru memamerkan sisi positifnya dengan penampilan tanpa rambut atau botak. Dalam salah satu caption unggahannya di Instagram, wanita berusia 50 tahun itu mengatakan bahwa dirinya sudah bersahabat dengan Alopecia. 

Sebelumnya pada 2018, Jada sempat mencari solusi atas kerontokan rambut yang dialaminya dengan menggunakan suntikan steroid untuk beberapa saat. Ibu dua anak itu itu akui bahwa perawatannya membantu, namun tidak menyembuhkannya. 

Disadur dari laman WebMD, terdapat sejumlah gejala Alopecia Areata hal yang perlu diketahui, antara lain: Adanya kebotakan kecil pada kulit kepala atau area tubuh lainnya, kebotakan mungkin membesar, rambut tumbuh di area yang rontok dan rontok di area lain hingga kamu kehilangan rambut dalam waktu yang singkat.

Sementara penyebab Alopecia adalah karena faktor keturunan, menderita penyakit asma, down syndrome, tiroid dan vitiligo.               

 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Jan 03  -  2 min read