Your browser does not support JavaScript!
Putus, Letting Go, Dan Rasa Lega
Putus, Letting Go, dan Rasa Lega

I know kalau misalnya putus itu pasti ada aja yang sakit hati ada aja yang ngerasa unworthy feeling guilty, overthingking, insecure dan lain lain. But in the end of the day feeling kayak gitu kan kita yang ngatur ya jadi ketika kamu merasa ga lega nih overthingking seperti itu , take a step back and then shut down your mind.

Feeling itu tidak salah, tidak juga bisa dikontrol, tapi apakah feeling itu akurat? Dan habis itu kamu mikir oke kenapa gue jadi kepikiran kayak gini, apa yang sebenarnya terjadi, sebenarnya salahnya ada dimana, overthinkingnya kenapa sih, insecurenya kenapa, rasa bersalahnya kenapa kayak gitu. Tanyain kediri lu sendiri dulu, karena stepnya yang betul itu sebenarnya sebelum kamu bisa letting go kamu sebelumnya harus paham dulu.

1.       Acknowledge the negative feelings

 

Gue itu sebenarnya sakit gitu diginin, atau acknowledge mungkin dari pihak sebelah itu yang salah yang mana dulu. Pahami dulu sakitnya kenapa? Ini yang salah apanya? Kenapa kok gue ngerasa kayak gini ya. Setelah paham, akui dan validasi perasaan kita. Kamu harus paham problemnya dimana habis itu baru solusinya letting go, kalau kamu keburu letting go atau keburu ikhlasin sesuatu, itu sebenernya kan kamu belum pahami salahnya dimana. Nah setelah itu kamu baru letting go.

 

2.       Letting Go

 

Ikhlaskan shayy, mengiklaskan sesuatu terutama kalau hal besar itu bisa berhari-hari, bahkan bertahun-tahun. It’s understandable. Healing does take time, take day, even years. Dan gakpapa. Take your time dan habis itu setelah gua gasuka feeling insom terus, overthingking terus, and then your start the changes, dan untuk berubah kamu harus bikin promise.

 

3.       Make a promise to yourself

 

"Gue gak suka feeling kayak gini, jadi gue mau berubah kayak gimana nih?" Baby step. One day at a time.  Keep that promise and show up "Okeh hari ini gakpapa gue nangis, marah-marah, kesel, gue bakar barang-barang dia bodo amat! Besok gue BAKAL jauh lebih baik! I WILL feel better". After you make that promise lo harus ngejalanin janji itu ke diri lo sendiri and then see what happens.

I hope you get better and I hope you have a great day. So as always, Good Luck

May 25  -  3 min read