Your browser does not support JavaScript!
Puting Payudara Menghitam, Ini Penyebabnya!
Puting Payudara Menghitam, Ini Penyebabnya!

"Puting payudaramu kok hitam? Sudah gak perawan yaaaaa?!"

Gak usah didengerin, ya Ladies! Karena menghitamnya puting mu tidak ada kaitannya dengan perawan atau tidaknya kamu.

Sebagian besar perempuan memang khawatir ketika puting payudaranya terlihat lebih gelap lantaran takut dianggap tidak menarik lagi. Padahal, payudara itu akan mengalami perubahan bentuk, ukuran, bahkan warna seiring jalannya waktu. Mengapa begitu? Yuk kita bahas!

Ladies, sebenarnya bukan puting payudara mu yang berubah warna, melainkan areolanya (itu lho yang bulatan di sekeliling puting). Selain tergantung dari warna kulit masing-masing, kebanyakan faktor penyebab menghitamnya puting payudara adalah karena perubahan hormon. Berikut ini beberapa penyebab menghitamnya daerah puting payudaramu:

PUBERTAS

Saat puber, indung telur mulai menghasilkan hormon esterogen yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan organ seksual wanita. Tingginya kadar hormon tersebut lah yang membuat payudara bertambah besar dan puting susu yang terangkat. Kulit areola pun berubah menjadi lebih gelap.

JELANG MENSTRUASI

Saat indung telur melepaskan sel-sel telur selama masa ovulasi, kadar esterogen dan progesteron dalam tubuh akan meningkat. Level hormon yang berubah ini membuat payudara menjadi lunak atau membengkak. Termasuk berubah warna menjadi lebih gelap saat siklus menstruasi berlangsung.

PENGARUH DARI RAMBUT DI SEKITAR AREOLA

Beberapa perempuan memiliki rambut halus di sekitar puting payudaranya, sehingga membuat daerah itu terlihat semakin gelap.

KONTRASEPSI

Pil KB memiliki kandungan sintesis dari hormon esterogen dan progesteron. Hal ini kemudian menyebabkan perubahan hormonal sehingga warna puting menjadi lebih gelap.

MENYUSUI

Saat wanita menyusui, warna puting akan menjadi lebih gelap karena adanya produksi ASI. Perubahan warna ini juga dipercaya bisa membantu bayi lebih mudah menemukan sumber makanan mereka.

KANKER

Penyebab terakhir ini merupakan hal yang harus diwaspadai. Penyakit paget merupakan kanker yang terjadi pada bagian puting. Salah satu gejala dari penyakit ini yaitu perubahan warna yang terjadi di sekitar puting. Jika perubahan warna puting terjadi tanpa gejala-gejala di atas, sebaiknya kamu berkonsultasi langsung ke dokter ya.

Dec 05  -  2 min read