Your browser does not support JavaScript!
Perjalanan Marshanda Untuk Sembuh Dari Gangguan Bipolar
Perjalanan Marshanda untuk Sembuh dari Gangguan Bipolar

Aktris Marshanda melakukan pengobatan hingga ke Amerika Serikat untuk mengatasi Gangguan Bipolar yang dideritanya sejak tahun 2009. Ia membagi pengalamannya melalui tagar #USHealingTrip di Instagram pribadi.

Dalam akun Instagram-nya, aktris yang kerap dipanggil Caca ini membagikan kisahnya mengenai penyakit mental yang diidapnya. Wanita berusia 32 tahun itu diketahui mengidap Gangguan Bipolar sejak tahun 2009 silam. 

Dalam unggahannya dengan tagar #USHealingTrip, Caca menceritakan pengalaman yang ia lakukan selama di Amerika. Tak hanya itu, Ia pun memberikan beberapa pelajaran yang Ia dapatkan selama perjalanan pengobatan Gangguan Bipolar-nya.

"Izinkan perasaan kamu untuk bisa; Mendengarkan apa yang tubuh kamu ingin katakan kepadamu, dan lebih bisa terbuka akan hal yang pernah membuatmu sakit kepada dunia dan kembangkan dengan penuh warna." 


Tulis Marshanda pada unggahan foto di Instagram-nya. 

Tak hanya membagikan seputar perjalanan pengobatannya, Caca pun membagikan foto-foto dirinya tanpa editan yang memperlihatkan tubuhnya yang sehat. Meski terlihat adanya kenaikan berat badan pada tubuhnya akibat konsumsi obat-obatan, Caca tetap menebarkan energi positif dari dirinya dan membiarkan komentar negatif tentang kenaikan berat badannya.

Apa itu Gangguan Bipolar?


Melansir laman Mayo Clinic, Gangguan Bipolar atau Bipolar Disorder kerap disebut sebagai Depresi Manik, sebuah kondisi mental yang mempengaruhi mood seseorang secara ekstrem. Mood tersebut sendiri terbagi menjadi dua, yakni emosi yang tinggi atau biasa disebut dengan mania (hipomania) dan emosi rendah yang kerap disebut depresi. 

Meski bersifat seumur hidup, kamu bisa mengatur kestabilan dari mood serta gejala lainnya dengan mengikuti sejumlah perawatan intensif. Para pengidap Bipolar Disorder umumnya akan mendapatkan perawatan berupa obat-obatan dan psikoterapi.

Semangat Caca!

Edwin Suryana
Sep 13  -  2 min read