Your browser does not support JavaScript!
Penyebab Dan Cara Mencegah Jerawat Di Payudara
Penyebab dan Cara Mencegah Jerawat di Payudara

Jerawat tidak hanya muncul di bagian wajah, namun juga dapat timbul di area lain, seperti di payudara. Bila ukuran jerawat besar dan sakit, tentu itu akan sangat mengganggu kamu.

Jerawat pada payudara merupakan masalah cukup umum dialami para wanita. Meski demikian, bukan berarti masalah jerawat pada payudara layak untuk dibiarkan saja.

Apa sih penyebab jerawat di payudara?

  • Stres 
    Stres sendiri bukanlah faktor utama timbulnya jerawat pada payudara, melainkan menjadi faktor pemicu bertambah buruknya jerawat pada tubuh. 

  • Perubahan hormon
    Pada umumnya, jerawat pada wanita memiliki keterkaitan dengan adanya perubahan hormon. Perubahan hormon ini biasanya terjadi pada masa menstruasi dan kehamilan. 

  • Keringat
    Keringat yang dibuahkan akibat adanya aktivitas fisik dalam melakukan keseharian adalah hal yang wajar. Keringat dapat membuka pori-pori pada tubuh dan bagian dada cenderung memproduksi keringat lebih banyak ketimbang bagian tubuh lainnya. Keringat juga diketahui mengandung lemak, yang menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat pada tubuh.

  • Pola makan
    Sebuah penelitian dari Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology (2015) mengungkapkan adanya keterlibatan antara nutrisi dengan peradangan pada jerawat. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa makanan yang mengandung susu, lemak jenuh, dan asam lemak sebagai beberapa kategori makanan yang dapat memicu munculnya jerawat di tubuh. 

Bagaimana cara mencegah jerawat di payudara?

  • Rutin ganti bra
    Untuk mencegah munculnya jerawat pada payudara, kamu bisa lebih sering mengganti bra kamu. Hal tersebut dilakukan agar kulit di area payudara tidak lembab dengan keringat yang kerap menempel di bra. 

  • Gunakan sabun khusus jerawat
    Asam salisilat dikenal dengan manfaatnya sebagai anti peradangan pada kulit. Kamu dapat menggunakan sabun mandi dengan kandungan asam salisilat untuk mencegah atau bahkan mengurangi jerawat pada payudara. 

  • Lakukan meditasi
    Stres diketahui sebagai salah satu hal yang memicu memperparahnya jerawat pada kulit. Kamu bisa mencegahnya dengan melakukan yoga, meditasi, dan olahraga lainnya.

    Semoga informasi ini bermanfaat, ya!
Edwin Suryana
Sep 27  -  2 min read