Your browser does not support JavaScript!
Pembasmi Alami Kutu Rambut
Pembasmi Alami Kutu Rambut

Kutu rambut merupakan masalah yang sering terjadi pada anak-anak usia sekolah. Kutu kecil berwarna coklat keabu-abuan ini merupakan jenis insektisida yang hidup di rambut manusia. Saat mereka bermanifestasi di rambut, kutu-kutu ini akan menghisap darah melalui kulit kepala, yang menyebabkan gatal. Kutu ini dapat menyebar dengan mudah melalui kontak langsung dan harus dibasmi segera sebelum kutu-kutu ini beranak pinak. Berikut adalah ramuan yang dapat menghilangkan kutu di rambut.

 

Minyak kelapa
Balurkan minyak kelapa ke seluruh permukaan rambut, kemudian sisir menggunakan sisir yang sangat rapat. Setelah minyak kelapa merata di seluruh rambut, bagi-bagi rambut Anda menjadi bagian kecil. Sisirlah rambut Anda bagian per bagian agar kutu-kutu keluar dari rambut Anda.

 

Minyak esensial
Macam-macam minyak esensial seperti tea tree, jojoba, eucalyptus dan rosemary dapat digunakan untuk membunuh kutu. Campurkan beberapa minyak esensial denga minyak zaitun dan usapkan ke kulit kepala dengan menggunakan kapas. Kemudian tutup kepala Anda dengan shower xap dan biarkan semalaman. Sisir rambut Anda keesokan harinya untuk membersihkan rambut dari kutu.

 

Cuka apel
Sebelum dan sesudah mencuci rambut, basuh rambut Anda menggunakan cuka apel. Gunakan sisir kutu untuk menyisir rambut Anda setelah Anda mengeringkan rambut.

 

Petrolium jelly
Aplikasikan petrolium jelly ke rambut Anda kemudian tutup rambut Anda dengan menggunakan shower cap. Biarkan semalaman dan gunakan baby oil keesokan harinya untuk membersihkan petrolium jelly dan kutu yang menempel, kemudian segera cuci rambut Anda.

 

Bawang putih
Ambil 10 siung bawang putih kemudian hancurkan sampai berbentuk pasta. Tambahkan 3 sendok perasan lemon, campurkan dan aplikasikan ke kulit kepala. Biarkan selama setengah jam kemudian bersihkan. Setelah itu sisir rambut Anda menggunakan sisir kutu agar kutu-kutu keluar.

 

Baca juga: Kutu vs Ketombe: Apa Perbedaannya?

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: healthmeup

Dipo Hartono
Aug 15  -  2 min read