Your browser does not support JavaScript!
Payudara Mengendur Di Usia Muda, Mengapa?
Payudara Mengendur di Usia Muda, Mengapa?

Payudara mengendur merupakan hal yang sulit dihindari. Pengenduran pada payudara bisa dihasilkan oleh faktor alami maupun berbagai faktor yang dapat memicu kendurnya pada payudara.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu kendurnya payudara, antara lain sebagai berikut:

  • Tidak menggunakan sunscreen
    Terkena paparan sinar matahari tanpa adanya perlindungan jelas akan merusak kulit, termasuk pada kulit area payudara. Layaknya wajah tanpa perlindungan sunscreen, payudara pun akan terasa kurang kencang apabila kamu berjemur tanpa menggunakan sunscreen.

  • Menggunakan bra yang tak tepat
    Ada banyak jenis bra yang tersedia, mulai dari push-up bra hingga bra untuk berolahraga. Seorang dokter bedah payudara, Michael Edward, M.D mengatakan bahwa semakin sering payudara memantul, maka semakin tertekannya kulit payudara dan kolagen.

    Untuk itu, kamu harus mencari dan menggunakan bra yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan payudara kamu.

  • Turunnya berat badan
    Pengurangan pada berat badan juga akan mempengaruhi pada kekencangan payudara sendiri. Tak hanya pengurangan, penambahan berat badan pun dapat menjadi faktor pendukung kendurnya payudara.

  • Kebiasaan merokok
    Tak hanya mempengaruhi dan membuahkan masalah pada pernapasan, merokok juga memiliki pengaruh pada kendurnya payudara. Jika kamu masih muda dan merokok, maka tak menutup kemungkinan bahwa kamu akan mengalami payudara yang kendur.

    Dilansir dari laman Very Well Mind, merokok dapat mengakibatkan hilangnya elastisitas pada kulit, termasuk pada kulit bagian payudara.

Apakah payudara kendur dapat dicegah? Tentu, kendurnya payudara dapat dicegah dengan sejumlah cara, antara lain:

  • Konsisten terhadap berat badan
    Kamu tidak perlu menurunkan badan maupun menaikkan berat badan untuk mencegah kendurnya payudara, yang harus kamu lakukan adalah dengan menyeimbangi berat badanmu.  Kestabilan dalam berat badan dapat mencegah kendurnya payudara. 

  • Tidak merokok
    Merokok tidak memiliki manfaat untuk tubuh, melainkan memberikan sejumlah penyakit pada tubuh. Meski pengenduran payudara bukanlah merupakan sebuah penyakit, namun hal ini juga disebabkan oleh kebiasaan merokok. 
Digital Dokterid
Oct 22  -  2 min read