Your browser does not support JavaScript!
Pahami Gejala Distimia, Gangguan Emosi Yang Banyak Dialami Wanita
Pahami Gejala Distimia, Gangguan Emosi yang Banyak Dialami Wanita

Dalam kesehatan jiwa, ada banyak jenis gangguan di dalamnya, salah satunya adalah Distimia. Distimia atau juga dikenal dengan Persistent Depressive Disorder adalah sebuah gangguan kesehatan jiwa yang mempengaruhi mood seseorang atau juga disebut sebagai depresi dalam jangka waktu panjang. 

Seperti dilansir dari laman The Recovery Village, wanita cenderung tiga kali lebih banyak terkena Distimia dibandingkan pria. 

Jangka waktu yang terjadi pada pengidap Distimia jauh lebih lama dibandingkan dengan depresi biasa. Distimia, biasanya terjadi sekurang-kurangnya selama dua tahun lamanya. Meski dikatakan sebagai gangguan depresi kronis, namun gejalanya bisa lebih ringan atau bahkan lebih parah dari depresi mayor. 

Apa saja gejala Distimia? 

  1. Sulit berkonsentrasi
    Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dalam kehidupan sehari-hari. Bila terjadi dalam jangka waktu lama, kamu perlu waspadai hal tersebut lantaran menjadi salah satu gejala dari Distimia.

  2. Hilangnya nafsu makan
    Gejala lain dari Distimia adalah hilangnya nafsu makan. Pengidap gangguan mood ini cenderung akan lebih sering kehilangan nafsu makan mereka, sekalipun mereka merasa lapar.

  3. Rendahnya rasa percaya diri
    Kamu merasa kurang percaya diri? Mungkin hal tersebut menjadi salah satu gejala kamu mengidap Distimia. Selain merasa kurang percaya diri, kamu juga mungkin akan merasa bahwa diri kamu tak berharga sama sekali.

  4. Menarik diri dari lingkungan
    Tiba-tiba merasa tidak ingin bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan memutuskan untuk menarik diri dari lingkungan sekitarmu? Ini juga menjadi salah satu gejala dari Distimia. Kamu mungkin akan merasa malas untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitarmu untuk jangka waktu tertentu.

  5. Gangguan tidur
    Gangguan tidur atau yang biasa dikenal dengan istilah Insomnia ini juga menjadi salah satu gejala dari Distimia. Kamu mungkin akan merasa sulit untuk tidur atau bahkan memiliki keinginan untuk tidur lebih lama dari biasanya.

  6. Merasa sedih berkepanjangan
    Perasaan sedih merupakan hal yang wajar dan umum untuk dirasakan setiap orang. Namun, apakah wajar untuk merasa sedih hampir tiap saat tanpa ada penyebab yang pasti? Nah, hal tersebut menjadi salah satu gejala lain dari Distimia. Kamu akan merasa sedih yang berkepanjangan dan kerap sulit mengendalikan emosi kamu.

  7. Timbulnya rasa putus asa
    Pernah terbesit dan merasa ingin mengakhiri hidup lebih dari sekali? Mungkin ini gejala kalau kamu mengidap Distimia. Distimia memang memiliki gejala yang hampir serupa dengan depresi mayor, namun perbedaannya adalah Distimia terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang kian lama.

    Jika kamu merasakan gejala yang telah disebutkan di atas dan telah mengganggu keseharian kamu, sebaiknya segera lakukan konsultasi kepada psikolog atau psikiater untuk mendapatkan bantuan secara profesional, ya!
Edwin Suryana
Sep 09  -  3 min read