Your browser does not support JavaScript!
Normalkah Payudara Membesar Jelang Pms?
Normalkah Payudara Membesar Jelang PMS?

Pernah merasa payudara membesar jelang masa PMS (Sindrom Premenstruasi)? Tidak perlu khawatir, karena kondisi itu masih normal. Pembesaran ukuran payudara menjelang PMS merupakan salah satu gejala dari PMS itu sendiri. 

Penyebab payudara membesar karena adanya perubahan hormon di masa tersebut. Stacy Tanouye, MD, board-certified ob-gyn menjelaskan, sebelum masa PMS tiba, lapisan pada payudara akan lebih sensitif terhadap perubahan hormon. 

Perubahan hormon ini menyebabkan membengkaknya payudara yang juga menjadi salah satu dari gejala PMS. Meski demikian, gejala ini hanya bersifat sementara, sehingga bukan tidak mungkin payudara kamu akan kembali ke ukuran normal saat masanya sudah selesai. 

Dilansir dari laman Pop Sugar, pembengkakkan pada payudara biasanya terjadi di saat awal PMS mulai. Walaupun menjadi gejala PMS yang cukup umum, namun tak semua perempuan mengalami pembengkakkan pada payudara sebagai gejala PMS. 

Ada cara mengatasi pembengkakkan payudara apabila gejala ini mengganggu kamu. Dokter Tanouye mengatakan, kamu dapat meredakan pembengkakkan dengan mengurangi konsumsi garam dan kafein. Tak hanya itu, kamu pun bisa menggunakan obat untuk meredakan rasa sakit, namun perlu dicatat bahwa perlu adanya anjuran dokter untuk ini.

Tips mengatasi pembesaran payudara saat sedang menstruasi

  • Makan makanan dengan rendah lemak
  • Hindari konsumsi kafein (kopi, teh, dan coklat)
  • Hindari garam satu hingga dua minggu sebelum mulainya waktu menstruasi
  • Gunakan bra yang pas saat siang maupun malam hari

 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Nov 30  -  2 min read