Your browser does not support JavaScript!
Mr P Nggak Diri Pas Bangun Tidur? Bisa Jadi Tanda Disfungsi Ereksi, Lho!
Mr P Nggak Diri Pas Bangun Tidur? Bisa Jadi Tanda Disfungsi Ereksi, Lho!

Seorang pria pada umumnya akan mengalami ereksi di pagi hari sesaat mereka terbangung dari tidurnya. Kondisi ini kerap dikenal dengan sebutan "morning wood" atau dalam istilah medis juga disebut dengan Nokturnal Penile Tumescence (NPT).

Banyak orang menganggap ereksi pagi adalah tanda rangsangan seksual. Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Melansir Helathline, morning wood kemungkinan merupakan respons tubuh seorang laki-laki terhadap salah satu dari beberapa kejadian alam.

Morning wood dapat terjadi dengan didorong oleh sejumlah faktor seperti rangsangan fisik, pergantian hormon, hingga relaksasi otak. Semua lelaki dapat mengalami NPT, dan hal tersebut menjadi pertanda bahwa darah dan sistem saraf yang ada di dalam dan sekitar penis berfungsi dengan baik.

Namun, bagaimanakah bila seseorang berhenti mengalami morning wood?

Tidak mengalami ereksi di pagi hari kerap dikaitkan dengan tanda dari disfungsi ereksi. Meski demikian, tak semua kasus begitu adanya. Menurut konsultan andrology-urologi RS Universitas Indonesia, dr Widi Atmoko, SpU(K) mengungkapkan bahwa hal tersebut bisa didukung dengan beban pikiran seperti stres, tidur yang tak nyenyak, maupun kelelahan.

Namun demikian, dr Widi menggarisbahawi bahwa bila tidak mengalami gangguan psikogenik seperti ketiga hal tersebut dan tetap tidak mengalami ereksi di pagi hari, maka hal tersebut mungkin dapat menjadi kekhawatiran sebagai tanda dari disfungsi ereksi.

Karena NPT merupakan indikator kualitas tidur dan kesehatan organ seksual, ada baiknya untuk memperhatikan seberapa sering NPT terjadi.

Jika NPT tiba-tiba berhenti atau terjadi lebih jarang, bicarakan dengan dokter. Mereka mungkin ingin mendiskusikan kemungkinan kondisi kesehatan, seperti gangguan tidur, ketidakseimbangan hormon, kecemasan, dan disfungsi ereksi.

Melansir Medical News Today, jarangnya mengalami ereksi di pagi hari dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau diabetes, terutama pada pria yang lebih muda hingga disfungsi ereksi.

Kurangnya morning wood mungkin tidak berarti apa-apa, tetapi itu bisa menjadi tanda disfungsi ereksi jika kasus yang dialami disebabkan oleh masalah psikologis, seperti masalah saraf atau pembuluh darah. Very Well Health, menekankan kemungkinan besar seseorang juga akan mengalami masalah dengan ereksi saat berhubungan seks bila itu kasusnya.

 

Digital Dokterid
Jun 23  -  2 min read