Your browser does not support JavaScript!
Mengapa Manusia Menutup Matanya Saat Berciuman?
Mengapa Manusia Menutup Matanya Saat Berciuman?

Kabar baik bagi Anda yang merasa penasaran dengan pertanyaan di atas! Para ahli akhirnya menemukan alasan yang mungkin menyebabkan mengapa manusia cenderung menutup matanya saat berciuman.

Penelitian ini sendiri sebenarnya tidak mempelajari tentang ciuman, tetapi mengenai bagaimana stimulus visual dapat mempengaruhi panca indra seorang manusia.

Para ahli di Royal Holloway, University of London (RHU) menemukan bahwa meningkatnya kebutuhan fungsi indra penglihatan akan menurunkan kemampuan seseorang untuk menerima stimulus lainnya seperti stimulus pendengaran. Pada penelitian ini, para ahli juga melihat bagaimana dampak stimulus visual terhadap stimulus sentuhan.

 Baca juga: Rahasia Di Balik Sebuah Ciuman

Para ahli menemukan bahwa karena memfokuskan perhatian pada penglihatan dapat menurunkan sensitivitas seseorang terhadap sentuhan, maka mengurangi stimulus visual (misalnya dengan menutup mata) dapat memperbaiki sensitivitas seseorang terhadap sentuhan. Hal inilah yang mungkin menyebabkan seseorang secara refleks menutup matanya saat akan berciuman. Dengan demikian, otak pun dapat memfokuskan kinerjanya pada hal lain (misalnya ciuman) selain penglihatan.

 Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 Sumber: foxnews

Digital Dokterid
Jul 26  -  2 min read