Your browser does not support JavaScript!
Mendinginkan Payudara Dapat Memudahkan Tidur
Mendinginkan Payudara Dapat Memudahkan Tidur

Pemilik akun TikTok @heyfrankiesimmons membagikan tips untuk bisa tidur lebih nyenyak, khususnya untuk penderita insomnia. Ia mengatakan, ketika dirinya sulit tidur, ia akan mengompres payudaranya dengan es, dan cara itu berhasil mengatasi gangguan tidurnya.

Frankie Simmons, si pemilik akun, mengetahui cara itu berdasarkan sebuah penelitian ilmiah berjudul Effects of Cold Stimulation on Cardiac-Vagal Activation in Healthy Participants: Randomized Controlled Trial. Hasil penelitian itu menyebut rangsangan dingin di payudara bisa mengarah ke saraf vagus, yang secara tidak langsung memberikan efek tenang pada sistem saraf tubuh. 

Melansir laman Alodokter, saraf vagus memiliki banyak fungsi bagi tubuh, mulai dari pengaturan pita suara, paru-paru, jantung, sampai organ pencernaan. Tak hanya itu, saraf vagus juga bekerja dalam merangsang kelenjar endokrin dalam memproduksi hormon yang dapat mendorong proses metabolisme tubuh. 

Menurut Frankie Simmons, menggunakan es pada payudara juga dapat meringankan peradangan. Pada dasarnya membuat kamu lebih tenang serta meringankan stres. 

Selain melakukan pendinginan pada payudara, berdasarkan Allied Services Integrated Health System, kamu bisa menggunakan teknik lain seperti teknik pernapasan, pijat kaki, menambahkan asupan fiber, hingga tertawa untuk merangsang saraf vagus. 

Tertarik mencoba?

 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Jan 04  -  2 min read