Your browser does not support JavaScript!
Melahirkan Normal Memang Merupakan Proses Melahirkan Yang Terbaik, Ini Cara Yang Para Ibu Hamil Dapat Lakukan Untuk Mencapainya
Melahirkan Normal Memang Merupakan Proses Melahirkan Yang Terbaik, Ini Cara Yang Para Ibu Hamil Dapat Lakukan Untuk Mencapainya

Saat seorang wanita hamil mulai mempersiapkan diri untuk melahirkan maka akan mulai berpikir banyak hal. Apakah akan melahirkan secara normal atau melahirkan dengan cara operasi caesar. Meski mungkin sekarang ini melahirkan dengan cara operasi caesar seperti menjadi tren namun masih ada beberapa wanita yang ingin melahirkan secara normal.

Untuk bisa melahirkan secara normal tentu Anda harus memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan kehamilan.

Selain itu ada beberapa manfaat yang dimiliki dari melahirkan secara normal, seperti:

  • Tidak ada ketegangan karena akan menjalankan operasi
  • Pemulihan lebih cepat. Segera setelah bayi lahir, ibu akan keluar dari rumah sakit kecuali ada komplikasi dengan anak atau kondisi medis ibu.
  • Tidak banyak jahitan yang dilakukan kecuali Anda mengalami robekan jalan lahir yang cukup besar.
  • Bisa mendapatkan kembali tubuh seperti sebelum melahirkan dengan lebih mudah
  • Ada banyak makanan yang bergizi dan bisa Anda makan langsung, dan tidak boleh dimakan bila Anda melakukan operasi caesar.
  • Hal ini sering dipercaya bahwa anak yang lahir secara alami lebih sehat daripada yang lahir melalui bedah caesar.
  • Tidak perlu menggunakan antibiotik, seperti Kita ketahui antibiotik tidak selalu baik untuk ibu
  • Bila sudah melakukan operasi caesar pada kehamilan pertama maka kemungkinan untuk kehamilan selanjutnya juga akan di caesar.
  • Biayanya yang lebih mahal.

Itu semua adalah manfaat dari melahirkan secara normal, nah kemudian bagaimana caranya bagi Anda untuk menghindari melahirkan secara caesar.

Berikut adalah cara menghindari melahirkan secara caesar:

Konsumsi makanan bergizi selama hamil

Hal ini akan menjaga Anda dan janin tetap sehat. Seperti hindari makan garam terlalu banyak yang berisiko akan menaikkan tekanan darah Anda dan meningkatkan risiko mengalami preeklampsia. Kemudian hindari makan gula terlalu banyak yang dapat meningkatkan risiko peningkatan kadar gula darah dan diabetes gestasional dan beberapa makanan tidak sehat lainnya yang perlu Anda hindari.

Usahakan untuk aktif meski Anda sedang hamil

Apabila Anda kurang aktif maka kemungkinan berat badan Anda akan melonjak tinggi kemudian risiko lain seperti kaki bengkak, kemampuan bernapas yang kurang baik bisa membuat Anda berisko untuk melahirkan secara caesar.

Kontrol Dokter Spesialis Kandungan Yang Teratur

Dengan melakukan pemeriksaan rutin akan membantu untuk mengontrol kondisi kesehatan Anda dan janin sehingga bila ada masalah pada awal kehamilan dokter akan memberikan terapi agar Anda terhindar dari gangguan penyakit selama hamil.

Melahirkan normal atau caesar adalah pilihan bagi Anda. Apapun pilihan Anda, jangan patah semangat karena yang terpenting adalah kesehatan Anda dan janin.

Baca juga: Kehamilan & Vitamin

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: beingtheparent

Dipo Hartono
Apr 10  -  3 min read