Your browser does not support JavaScript!
Manfaat Macam-macam Vitamin
Manfaat Macam-macam Vitamin

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik yang memiliki fungsi yang penting untuk tubuh manusia dan tidak dapat dihasilkan oleh tubuh sendiri.

Berikut adalah manfaat macam-macam vitamin:

  • Ada beberapa vitamin yang mempunyai manfaat yang sama. Sebagai contoh vitamin A dan C penting untuk kesehatan gigi dan jaringan lunak dalam tubuh. 
  • Vitamin A seperti yang kita ketahui, merupakan vitamin yang berperan penting dalam pembentukan indra penglihatan yang baik
  • Vitamin B bermanfaat untuk membantu fungsi metabolisme dan membantu  produksi sel darah merah.
  • Vitamin C adalah salah satu vitamin yang mempunyai banyak manfaat. Selain berfungsi sebagai antioksidan yang memampu menangkal berbagai radikal bebas dari polusi yang ada disekitar lingkungan kita. Selain itu vitamin C membantu pembentukan kolagen yang merupakan protein penting untuk menyusun jaringan kulit, sendi tulang dan jaringan penunjang lainnya. 
  • Vitamin D sangat penting untuk membantu tubuh menyerap dan mempertahankan kadar kalsium dalam tubuh. Namun sulit untuk mendapatkan vitamin D dari asupan makanan. Biasanya vitamin D didapatkan setelah terpapar sinar matahari. Anda cukup bermandi sinar matahari dua kali dalam seminggu selama 10-15 menit, sinar matahari yang baik adalah matahari pagi sekitar pukul 08.00-10.00 pagi. 
  • Vitamin K berfungsi membantu proses pembekuan darah. Namun kejadian kekurangan vitamin K jarang terjadi, karena bakteri dalam usus membantu memproduksi vitamin K sekitar 75% yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. 

 

Sumber: healthline

Eko Siswanto
Feb 04  -  2 min read