Your browser does not support JavaScript!
Manfaat Cabai Untuk Kesehatan
Manfaat Cabai untuk Kesehatan

Sebagian dari Anda pasti ada yang suka makan cabai bukan? Ada yang suka menjadikan cabai sebagai bumbu masakan dan ada juga yang memakannya mentah-mentah. Ternyata terdapat 200 varietas dari cabai, dan berbagai jenis warna cabai mulai dari merah, hijau, kuning dan hitam. Tingkat kepedasan dari cabai juga berbagai macam mulai dari yang membakar mulut sampai yang tidak pedas.

Banyak sekali mitos yang berhubungan dengan cabai. Ada yang mengatakan terlalu banyak makan cabai akan menimbulkan sakit perut karena meningkatnya asam lambung, ada pula yang mengatakan dapat menimbulkan penyakit hati. Beberapa orang lagi mengatakan makan makanan pedas dapat merusak keindahan kulit. Tetapi sangat sedikit dari kita yang mengetahui manfaat cabai untuk kesehatan. Misalnya saja cabai dapat menurukan resiko penyakit jantung dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Berikut adalah manfaat kesehatan yang terkandung didalam cabai:

Mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah
Cabai tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, tetapi juga dapat menurunkan kemungkinan timbulnya endapan darah yang dapat menimbulkan sumbatan pembuluh darah. Karena kemampuanna ini cabai dapat menjauhkan Anda dari kemungkinan terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Mengurangi inflamasi
Kandungan capsaicin didalam cabai merupakan zat yang sangat efektif untuk meredakan inflamsi yang disebabkan oleh radang sendi, nyeri punggung dan kondisi kesehatan lainnya.

Memperbaiki pencernaan
Kandungan Cayenne didalam cabai dapat meningkatkan kemampuan pencernaan karena dapat meningkatkan produksi asam hialuronik. Cayenne juga dapat mencegah timbulnya kembung dan masalah lambung lainnya.

Kesehatan tulang
Cabai ternyata kaya akan kalsium sehingga sangat baik untuk tulang.

Menurunkan kadar gula darah
Menurut penelitian oleh the university of Tasmania, cabai sangat baik untuk dikonsumsi oelh penderita diabetes dan obesitas karena bisa menurunkan kadar gula darah.

Mencegah stroke
Karena rasanya yang pedas, cabai dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah juga meningkatkan pompa jantung. Cabai juga dapat mengencerkan darah sehingga baik untuk pencegahan stroke.

Mengurangi nyeri
Cabai sangat baik untuk mengurangi penyakit yang disebabkan oleh penyakit auto inflamasi seperti rheumatoid arthritis.

Mencegah kanker
Kandungan capsaicin pada cabai juga dapat membunuh sel-sel kanker yang muncul didalam tubuh sehingga dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

Mencegah tukak lambung
Selain mencegah kanker, cabai juga melindungi lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

Menurunkan berat badan
Cabai diketahui sebagai jenis rempah yang efektif untuk membakar lemak didalam tubuh.

 

 

Sumber: boldsky

Aug 02  -  3 min read