Your browser does not support JavaScript!
Makanan Ini Bisa Bangkitkan Rasa Bahagia Lho!
Makanan Ini Bisa Bangkitkan Rasa Bahagia Lho!

Selain mendengarkan musik, makan adalah kegiatan yang paling umum dilakukan saat dilanda suasana hati buruk. Jika Anda takut berat badan Anda naik karena sering ngemil saat bad mood, beberapa makanan di bawah ini bisa jadi alternatif untuk meredakan suasana hati Anda.

Pisang

Selain kaya potasium, pisang juga memiliki kandungan tryptophan, asam amino yang membantu otak menghasilkan serotonin untuk menstabilkan mood secara alami. Pisang juga mengandung vitamin B folat yang berguna mencegah depresi.

Buah berries

Rasa tertentu dalam buah berry memiliki kemiripan dengan asam valproic yang terkandung dalam obat-obatan yang menstabilkan mood.

Quinoa

Tak hanya sebagai makanan diet yang kaya protein, serealia yang sedang naik daun ini juga memiliki kandungan antidepresan bernama quercetin, menurut studi di Journal of Neuropharmacology.

Salmon

Kaya kandungan asam lemak omega-3 membuat salmon juga menjadi salah satu makanan yang dijamin dapat meningkatkan mood Anda.

Tiram (oysters)

Kekurangan zinc adalah salah satu faktor munculnya perasaan gelisah (anxiety). Tenangkan diri Anda dengan asupan makanan kaya zinc seperti tiram.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Seks dengan Konsumsi Super Food

Cokelat hitam

Who doesn’t love chocolate? Cemilan lezat sekaligus sehat ini sudah lama diketahui sebagai pemicu produksi hormon endorfin untuk membuat mood lebih baik dan mengurangi kadar hormon cortisol dalam tubuh saat stres melanda.

Kunyit (turmeric)

Bumbu dapur yang sangat mudah didapatkan di Indonesia ini juga dapat membuat Anda lebih bahagia karena kandungan curcumin di dalamnya mampu memperbaiki mood dan melawan depresi.

Green tea

Secangkir teh hijau mengandung theanine yang dapat menenangkan pikiran Anda sekaligus meningkatkan konstentrasi dan fokus.

Kacang-kacangan

Kekurangan magnesium bisa mengakibatkan kurangnya energi, dan mempengaruhi mood. Makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan akan membuat energi tidak cepat habis.

Apel

Selain sebagai sumber antioksidan, memakan apel juga dapat menciptakan efek menenangkan dan meningkatkan energi.

Bayam

Makanan favorit Popeye ini memiliki kandungan asam folic yang meredakan depresi serta melawan kelelahan.

Jamur

Kaya akan vitamin D membuat jamur dapat menjadi alternatif makanan untuk melawan depresi.

Kopi

Dengan dosis secukupnya, kopi juga dapat membantu mood Anda menjadi lebih baik dan mencegah depresi.

Baca juga: Ingin Cepat Punya Momongan? Ini Makanan yang Harus Anda Konsumsi

Dipo Hartono
Jan 11  -  3 min read