Your browser does not support JavaScript!
Makanan Apa Yang Harus Dikonsumsi Saat Menstruasi?
Makanan Apa yang Harus Dikonsumsi Saat Menstruasi?

Menstruasi, akan membuat seorang wanita merasa lelah, mudah marah, dan perut pun terasa kembung. Walaupun Anda mungkin sangat ingin mengkonsumsi berbagai jenis makanan tidak sehat, akan tetapi mengkonsumsi makanan tersebut hanya akan membuat berbagai gejala sindrom premenstrual Anda memburuk.

Di bawah ini Anda dapat melihat berbagai jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi atau justru sebaiknya tidak dikonsumsi saat "datang bulan".

 

Konsumsilah Karbohidrat Kompleks

Berbagai jenis buah, sayuran, dan makanan segar lainnya memang merupakan makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi sesering mungkin, terutama saat menstruasi berlangsung. Gula yang terdapat di dalam buah mungkin dapat membantu mengatasi keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis.

 

Konsumsilah Makanan yang Mengandung Banyak Kalsium

Menurut seorang ahli gizi, seorang wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap harinya. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kalsium adalah kale, brokoli, dan yogurt.

 

Konsumsilah Dark Coklat

Mengkonsumsi sekeping dark coklat (60% cacao) setiap harinya selama menstruasi berlangsung dapat membantu mengatasi keinginan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Selain itu, dark coklat juga mengandung banyak antioksidan dan dapat membantu meningkatkan kadar serotonin, yang dapat membantu memperbaiki mood Anda.

 

Konsumsilah Makanan yang Mengandung Banyak Magnesium

Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak magnesium seperti kacang-kacangan dan tahu diduga dapat membantu mengurangi perut kembung pada wanita yang sedang menstruasi.

 

Konsumsilah Vitamin Anda

Vitamin E dapat membantu mengatasi beberapa gejala sindrom premenstrual. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E adalah alpukat, biji rami, dan kuning telur.

Vitamin B6 juga dapat membantu mengatasi perut kembung dan memperbaiki mood Anda. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B6 adalah kentang, pisang, dan oatmeal.

Vitamin C dan seng berfungsi untuk menjaga kesehatan sel telur dan organ reproduksi wanita. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk bali dan lemon. Beberapa jenis makanan yang mengandung seng adalah biji labu kuning dan labu siam.

 

Jangan Mengkonsumsi Minuman Berkafein

Mengurangi konsumsi berbagai jenis minuman yang mengandung kafein dapat membantu mengurangi perut kembung dan rasa tidak nyaman di perut. Kafein dapat meningkatkan jumlah asam lambung dan menstimulasi usus yang sensitif.

 

Jangan Mengkonsumsi Terlalu Banyak Garam

Walaupun garam merupakan salah satu komponen penting bagi kesehatan Anda, akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat membuat Anda mengalami perut kembung dan menyebabkan terjadinya retensi air.

Dianjurkan agar Anda hanya mengkonsumsi sekitar 2.300 mg garam setiap harinya atau sekitar 1 sendok teh. Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan konsumsi garam adalah dengan menghindari berbagai jenis makanan olahan dan makanan siap saji, yang mengandung banyak sekali garam.

 

Jangan Lupa Mengkonsumsi Cukup Air Putih

Mengkonsumsi lebih banyak air putih dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan cairan yang tertahan di dalam tubuh dan mengatasi perut kembung. Tubuh menahan cairan di dalamnya selama menstruasi karena "takut" ia akan kekurangan cairan. Jadi, bila Anda mengkonsumsi cukup cairan, maka tubuh Anda pun akan mengeluarkan cairan yang ditahannya.

 

Sumber: sheknows

Nov 24  -  4 min read