Your browser does not support JavaScript!
Lidah Menghitam Dan Berbulu, Mungkinkah Busuk?
Lidah Menghitam dan Berbulu, Mungkinkah Busuk?

Warna lidah pada umumnya adalah pink kemerahan, namun berbeda dengan pria asal India satu ini. Sebagaimana dilansir dari Detik, lidah pria yang berusia 50 tahun ini memiliki warna lidah yang hitam disertai dengan banyak bulu.

Sebuah penelitian oleh JAMA Dermatology, pencetus dari tumbuhnya bulu serta warna hitam pada lidah disebabkan oleh penyakit stroke yang diidapnya. Mengidap penyakit stroke menyebabnyak dirinya tak dapat mengonsumsi  makanan biasa, melainkan makanan cair.

Kondisi tersebut dapat muncul ketika ujung dari saraf pengecap lidah (papila) tumbuh lebat. Kondisi ini juga dinamakan sebagai Black Hair Tongue (BHT). Umumnya, papila akan tumbuh berganti secara berkala. Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi ini dinyatakan tidak berbahaya dan bersifat sementara.

Lebatnya papila di lidah disebabkan oleh tidak terdapatnya stimulasi pada lidah. Stimulasi yang dimaksud adalah terjadinya aktivitas seperti makan makanan padat atau sikat gigi. Dalam kasus pria India ini, ia yang mengidap stroke tak dapat mengonsumsi makanan padat maupun memperhatikan kebersihan mulutnya, menyebabkan lidahnya menghitam dan berbulu.

"Warna pada lidah akan kembali normal setelah 20 hari dengan adanya cara yang tepat dalam membersihkan mulut yang baik dan benar," tulis tim dokter dalam JAMA Dermatology.

Digital Dokterid
Mar 21  -  1 min read