Your browser does not support JavaScript!
Lebih Baik Mana Oatmeal Instan Atau Yang Dimasak ?
Lebih Baik Mana Oatmeal Instan Atau Yang Dimasak ?

Tidak peduli jenis oatmeal apa yang Anda pilih, pada dasarnya keduanya memiliki kandungan nutrisi yang baik. Keduanya memiliki serat larut dan tidak larut, protein nabati dan karbohidrat kompleks untuk membuat Anda kenyang lebih lama dan mengandung kalori, gula dan lemak yang lebih sedikit.

Kemudian Mana Yang Anda Pilih, Berikut Ulasannya:

Fakta Nutrisi

Menurut USDA, oatmeal instan dan oatmeal yang dimasak memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama. Oatmeal instan mengandung 165 kalori, 6 gram protein, 3,5 gram lemak, 28 gram karbohidrat, 4 gram serat dan gula 0,6 gram dalam porsi 1 gelas. Satu porsi oatmeal yang dimasak terbuat dari 1/4 cangkir oatmeal kering, mengandung 170 kalori, 7 gram protein, 3 gram lemak, 29 gram karbohidrat, 5 gram serat dan tanpa gula.

Indeks Glikemik

Ada satu perbedaan gizi antara oatmeal yang dimasak dengan oatmeal instan yaitu kadar indeks glikemik. Indeks glikemik (IG) adalah ukuran seberapa cepat tubuh mencerna makanan dan seberapa besar makanan menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Menurut seorang dokter spesialis gizi oatmeal instan memiliki kadar IG lebih tinggi karena lebih banyak diolah, artinya tubuh memecahnya lebih cepat. Makanan dengan kadar GI rendah, seperti oatmeal yang dimasak, lebih mungkin membuat Anda tetap kenyang dan menurunkan kadar kolesterol darah.

Pertimbangan

Jika Anda kekurangan waktu, jangan ragu untuk konsumsi oatmeal instan yang penting Anda teliti dahulu kandungan dalam label makanan. Hindari penambahan topping berlebihan yang justru bisa menambah kalori dan gula masuk ke dalam tubuh Anda.

Sumber: healthyeating.sfgate

Nov 12  -  2 min read