Your browser does not support JavaScript!
Kurang Tidur Ternyata Dapat Meningkatkan Resiko Terjadinya Radang Usus Besar
Kurang Tidur Ternyata Dapat Meningkatkan Resiko Terjadinya Radang Usus Besar

Kurang tidur ternyata tidak hanya mempengaruhi kemampuan konsentrasi Anda saat bekerja, tetapi juga dapat meningkatkan resiko terjadinya radang usus besar, terutama bila kekurangan tidur ini telah berlangsung cukup lama.

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki waktu tidur kurang dari 7-8 jam setiap malamnya lebih beresiko untuk mengalami gangguan saluran pencernaan.

Selain itu, memiliki waktu tidur yang kurang maupun berlebihan setiap harinya juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk resiko penyakit jantung, kanker, dan kematian.

Para peneliti menemukan bahwa waktu tidur yang kurang dari 6 jam setiap harinya dan lebih dari 9 jam setiap harinya juga berhubungan dengan peningkatan resiko terjadinya radang usus besar.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya juga menemukan bahwa memiliki kualitas tidur yang buruk juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kekambuhan gejala penyakit Crohn pada penderita, hanya dalam waktu 6 bulan.

Para peneliti menduga hal ini mungkin berhubungan dengan keyakinan para ahli yang menyatakan bahwa kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi kekuatan sistem kekebalan tubuh seseorang.

 

Sumber: newsmaxhealth

Editor Dokter.id
Nov 17  -  2 min read