Your browser does not support JavaScript!
Konsumsi Paracetamol Jadi Penyebab Hepatitis Misterius?
Konsumsi Paracetamol Jadi Penyebab Hepatitis Misterius?

Penyebab kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak hingga saat ini masih belum diketahui. Banyak dugaan yang menyatakan bahwa hepatitis akut ini disebabkan oleh Adenovirus hingga Covid-19.

Masih banyak dugaan atas kemungkinan yang jadi pemicu munculnya hepatitis akut ini pada anak. Namun baru-baru ini, muncul dugaan baru yang mengatakan bahwa paracetamol dan anjing menjadi pemicu dari hepatitis.

Melansir The Sun, petugas medis di Inggris telah memperingatkan bahwa kasus penyakit lebih umum di rumah tangga di mana ada anjing.

Dalam 92 kasus di seluruh Inggris, 64 kasus positif terjadi pada anak-anak yang berasal dari keluarga pemilik anjing atau yang pernah memiliki kontak dengan anjing, menurut data dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA).

Tak hanya soal anjing, ditemukan juga bahwa tiga perempat responden pernah menyebutkan telah menggunakan paracetamol sebelum terpapar hepatitis misterius.

Meski tiga perempat responden yang terpapar hepatitis misterius mengatakan demikian, namun Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan bahwa mengonsumsi paracetamol tak ada hubungannya dengan hepatitis misterius.

"Tak ada kaitan dengan paracetamol, overdosis yang dapat menyebabkan gagal hati. Hubungan apapun dengan vaksin covid pun telah dikesampingkan lantaran sebagaian besar anak-anak belum cukup umur untuk disuntik," jelas direktur klinis dan emerging infections UKHSA Meera Chand.

Segala dugaan pemicu hepatitis misterius kian dikesampingkan oleh para ahli termasuk WHO. Menkes Budi Gunadi Sadikin pun mengingatkan untuk memperhatikan protokol kesehatan sebatas mencuci tangan.

"Virus ini menular lewat asupan makanan, lewat mulut," kata Budi dikutip dari Detik.

Digital Dokterid
May 13  -  2 min read