Your browser does not support JavaScript!
Konsumsi Makanan Bernutrisi Bantu Cegah Terjadinya Gangguan Daya Ingat Lho!
Konsumsi Makanan Bernutrisi Bantu Cegah Terjadinya Gangguan Daya Ingat Lho!

Hingga saat ini banyak orang masih tidak menyadari betapa pentingnya peranan nutrisi atau makanan bagi seorang penderita gangguan daya ingat. Sebuah penelitian baru yang menemukan adanya hubungan antara nutrisi dan fungsi otak mungkin akan mulai mengubah pandangan banyak orang terhadap pentingnya nutrisi bagi seseorang, terutama bagi seorang penderita gangguan daya ingat seperti pikun dan penyakit Alzheimer.

 

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Ingat

 

Pada penelitian yang berlangsung selama 2 tahun ini, para peneliti memeriksa bagaimana berbagai hal dapat mempengaruhi fungsi otak. Beberapa hal yang dimaksud di sini adalah nutrisi dan berbagai faktor resiko penyebab terjadinya gangguan metabolisme di dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apa pengaruh kedua hal tersebut pada terjadinya gangguan daya ingat yang berhubungan dengan proses penuaan.

Dengan menggunakan the Neuropsychological Test Battery (NTB), para peneliti menemukan bahwa para peserta penelitian mengalami peningkatan fungsi otak secara keseluruhan, yaitu sekitar 25%; di mana terjadi peningkatan kemampuan eksekutif otak (kemampuan berpikir) sebesar 83% dan terjadi peningkatan kecepatan proses berpikir hingga 150%.

Untuk membantu mencegah terjadinya gangguan daya ingat atau memperlambat proses perkembangan penyakit, terdapat beberapa penelitian lanjutan yang perlu dilanjutkan. Diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai vitamin B12, vitamin D, asam lemak omega 3, dan berbagai fitonutrien yang terdapat di dalam coklat, berbagai jenis buah beri, kacang-kacangan dan dampaknya terhadap para penderita gangguan daya ingat (pikun).

Selain itu, beberapa jenis diet seperti diet Mediterania juga dapat membantu mencegah terjadinya penurunan kemampuan kognitif (kemampuan berpikir) dan gangguan daya ingat (pikun).

 

Sumber: huffingtonpost

Editor Dokter.id
Jul 05  -  2 min read