Your browser does not support JavaScript!
Kondom Unisex Pertama Dibuat Di Malaysia
Kondom Unisex Pertama Dibuat di Malaysia

Alat kontrasepsi berupa kondom bukan hal baru. Pada umumnya, kondom digunakan oleh laki-laki. Meski demikian, banyak produk yang juga memunculkan kondom dapat digunakan oleh perempuan.

Seorang Ginekologi asal Malaysia beberapa waktu lalu meluncurkan sebuah kondom unisex yang disebut juga sebagai kondom unisex pertama di dunia. Kondom ini dapat digunakan oleh kedua pasangan, baik untuk sang perempuan maupun laki-laki. 

Terbuat dari material yang digunakan untuk bahan medis, Wondaleaf (kondom unisex) ini dapat digunakan pada vagina maupun penis. Dilansir dari laman Wondaleaf, kondom unisex ini terbuat dari poliuretan film yang breathable, sangat tipis, dan tahan air. 

Pembuat kondom unisex, John Tang Ing Chinh beranggapan, kondom ini sangat tipis namun aman, sehingga terasa seperti tidak memakai alat kontrasepsi. "Sekali kamu mencoba memakainya, kamu mungkin merasa tidak menyadari bahwa kamu sedang menggunakan kondom," tutur John Tang Ing Chinh dilansir dari Papermag. 

Tang, yang juga pendiri Wondaleaf, memiliki harapan untuk membantu mendorong kesehatan seksual yang lebih baik di Negara tempat ia tinggal, yakni di Malaysia. "Berdasarkan jumlah uji klinis yang telah kami lakukan, saya cukup optimistis bahwa alat ini dapat menjadi tambahan alat kontrasepsi yang berguna untuk mencegah kehamilan dan mencegah penyakit seksual menular," tutur Tang. (Foto: Wondaleaf.com)

 

Konsultasikan masalah seksual dengan Sex Educator melalui layanan Telekonsultasi!

Digital Dokterid
Nov 01  -  2 min read