Your browser does not support JavaScript!
Keuntungan Seks Tanpa Penetrasi
Keuntungan Seks Tanpa Penetrasi

Seks bukan hanya sekadar aktivitas yang melibatkan penetrasi. Ketika kamu berciuman mesra dengan pasangan, itu juga merupakan bagian dari seks.

Sebuah halaman di situs Mind Body Green menyebutkan sejumlah aktivitas seks tanpa adanya penetrasi (atau disebut outercourse), di antaranya: petting, berciuman, masturbasi, vibrator, fingering, handjobs, hingga seks oral. 

Menariknya, outercourse ini memiliki beragam manfaat, berikut di antaranya:

  • Lebih memahami seks

    Menurut Sexuality Educator Shemeka Thorpe, Ph.D, outercourse merupakan hal yang baik untuk mengubah sudut pandang atas seks penetrasi sebagai kenikmatan utama dalam seks.

    Dengan melakukan outercourse, kamu bisa lebih memahami tubuh sendiri untuk bisa mencapai orgasme tanpa harus adanya penetrasi yang terlibat. 

  • Rendahnya risiko kehamilan

    Outercourse hadir dengan manfaat rendahnya tingkat risiko untuk kehamilan lantaran penis tidak masuk ke dalam vagina.

    Meski demikian, Lori Lawrenz, PsyD dari Hawaii Center of Sexual and Relationship Health mengingatkan bahwa nyatanya outercourse tidak menutup kemungkinan menghilangkan risiko kehamilan sepenuhnya. Wanita bisa hamil meski hanya dengan outercourse karena sperma bisa memiliki kontak langsung pada vulva, lalu vagina yang dapat menghasilkan kehamilan. 

  • Meningkatkan kualitas hubungan

    Manfaat lain dari outercourse adalah meningkatkan kualitas pada hubungan. Dengan outercourse, kamu bisa meningkatkan kepercayaan dan kedekatan kepada pasangan kamu. 

 

Konsultasikan masalah seksual kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Dec 30  -  2 min read