Your browser does not support JavaScript!
Kenali Tanda Micro-cheating, Selingkuh Kecil Yang Kerap Disepelekan Di Dalam Hubungan
Kenali Tanda Micro-Cheating, Selingkuh Kecil yang Kerap Disepelekan di Dalam Hubungan

Micro-cheating adalah suatu aksi selingkuh yang kerap disepelekan banyak orang. Umumnya, micro-cheating sama dengan selingkuh, namun tidak terlalu mencolok bagi sebagian orang. 

Secara sadar dan atau tak sadar, aksi micro-cheating ini disembunyikan dari individu pelaku. Micro-cheating jelas bukan perilaku yang baik dan layak ada di dalam hubungan. Pasalnya, aksi kecil dari perselingkuhan dapat berlanjut ke perselingkuhan yang lebih dalam. 

Apa sih tanda micro-cheating?

  • Menggoda
    Banyak orang yang menggoda orang lain dengan alih-alih bercanda, dan hal tersebut kerap dinormalisasikan oleh sebagian besar orang. Menggoda orang lain merupakan salah satu tanda bahwa pelaku melakukan micro-cheating, tak peduli apa alasan di balik tersebut. 

  • Mengaku single
    Pertanyaan basa basi yang kerap ditanyakan oleh lawan jenis adalah "Punya pacar nggak?". Ketika kamu mengaku tidak punya pacar dengan kenyataan bahwa kamu punya, maka hal tersebut masuk ke dalam kategori micro-cheating. 

  • Punya inceran
    Tiap orang pasti memiliki sosok yang mereka kagumi, baik perempuan maupun lelaki. Ketika kamu menyukai orang lain lebih daripada kamu menyukai pasangan kamu, maka itu menjadi salah satu bentuk dari micro-cheating. 

  • Curhat tersembunyi
    Punya pacar tapi malah iseng curhat ke lawan jenis lain? Ya, itu juga merupakan bagian dari micro-cheating. Jika memang diperlukan, kamu setidaknya memberi tahu kepada pasangan kamu kalau kamu memang butuh curhat dan pendapat dari orang lain, khususnya dengan lawan jenis. 

  • Menghapus pesan
    Dalam hubungan, ada baiknya untuk bersikap terbuka mungkin kepada pasangan guna meraih rasa percaya antara satu sama lain. Hal lain yang dapat disebut sebagai micro-cheating adalah menghapus pesan secara diam-diam.

    Kamu mungkin melihat bahwa pasangan kamu tidak melakukan komunikasi atau chatting dengan orang lain, namun bisa saja pasangan kamu menghapus pesan sebelum bertemu denganmu. Kamu bisa membuat pasangan kamu jujur guna mencegah terjadinya perselingkuhan yang lebih dalam. 

  • Kontekan dengan mantan
    Memiliki hubungan yang baik dengan mantan pacar bukanlah merupakan hal yang salah untuk dilakukan. Namun kamu perlu memberikan batasan terhadap hubungan kamu dengan mantan pacarmu itu. 

  • Menutupi rahasia
    Kejujuran adalah fondasi dari sebuah hubungan yang paling penting. Maka dari itu, dalam hubungan kamu tak perlu untuk menutupi atau merahasiakan hal-hal dari pasangan kamu. Kamu bisa bersikap terbuka dengan pasangan kamu.

    Micro-cheating is a cheating too! Semoga bermanfaat, ya!
Edwin Suryana
Sep 30  -  3 min read