Your browser does not support JavaScript!
Kenali Penyakit Kulit Ayam Pada Tubuh
Kenali Penyakit Kulit Ayam pada Tubuh

Keratosis Pilaris (KP) atau kerap dikenal dengan penyakit kulit ayam merupakan salah satu masalah yang memberikan dampak langsung kepada kulit di tubuh. Penyakit kulit ayam ini ditandai dengan adanya bercak kecil yang timbul di kulit sehingga membuat kulit terasa kasar. 

Pada umumnya, penyakit kulit ayam ini tidak disertai dengan gejala-gejala yang biasa terjadi pada penyakit kulit lainnya, seperti gatal atau sakit. Meski tak memiliki dampak yang dapat dirasakan, namun penyakit ini jelas terlihat.

Keratosis Pilaris termasuk penyakit turunan dari keluarga yang memiliki riwayat kondisi peradangan seperti asma. Bagian kulit tubuh yang terserang biasanya pada bagian lengan, paha, pipi, dan bokong. Namun tidak perlu khawatir, penyakit kulit ini bisa disembuhkan.

Menurut dermatologist, Dr. Anar Mikailov, MD, ketika mengalami Keratosis Pilaris, cara yang tepat untuk merawat kondisi kulit adalah dengan merawatnya sebagai sebuah kulit yang sangat sensitif dan mudah iritasi.

Tak hanya itu, Dr. Mikailov juga menyarankan penderita Keratosis Pilaris untuk menggunakan skincare dengan bahan-bahan yang cenderung sedikit. "Carilah pelembap dengan kurang dari 10 bahan yang terkandung di dalamnya… Semakin sedikitnya bahan yang terkandung, maka akan semakin sedikit potensi kulit teriritasi," tambah Dr. Mikailov dilansir dari laman SheFinds.

Meski terlihat hampir sama dengan jerawat, namun Keratosis Pilaris tidak dapat dirawat seperti layaknya merawat jerawat. Menyamakan perawatan KP dengan perawatan jerawat hanya akan memperburuk kondisi kulit. 

Kamu bisa merawatnya dengan menggunakan pelembap hingga krim dengan kandungan bahan yang sedikit dan tidak mengandung kandungan yang dapat menimbulkan iritasi, salah satunya seperti paraben hingga alkohol. 

 

Konsultasikan masalah kesehatan, seksual, hingga relationship dengan expert melalui layanan Telekonsultasi!

Digital Dokterid
Nov 05  -  2 min read