Your browser does not support JavaScript!
Kenali Orgasm Anxiety, Kondisi Terlalu Fokus Pada Pencapaian Orgasme
Kenali Orgasm Anxiety, Kondisi Terlalu Fokus Pada Pencapaian Orgasme

Pernah merasa bahwa mencapai orgasme menjadi suatu kewajiban untuk dilakukan? Bisa jadi kamu mengalami orgasm anxiety. Melansir laman Choosing Therapy, orgasm anxiety adalah kondisi di saat seseorang sedang stres dan menekankan diri untuk berfokus pada pencapaian orgasme saat sedang berhubungan intim.

Ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya orgasm anxiety, mulai dari kondisi stres secara umum, konflik dalam hubungan, disfungsi seksual, hingga kehilangan rasa percaya diri dapat menjadi pemicunya. "Biasanya terjadi disebabkan oleh tekanan stres dan kecemasan di kehidupan sehari-hari, riwayat trauma seksual, keaiban seksual, dan yang paling penting adalah kurangnya kemampuan untuk menyerahkan kontrol," kata pendiri sekaligus pemimpin redaksi CFAH, Nina Julia B.Sc.Ed.

Saat orgasm anxiety terjadi, seseorang cenderung memfokuskan diri berlebih pada orgasme yang secara bertentangan justru dapat mengurangi kemungkinan terjadinya klimaks, karena keseimbangan antara relaksasi dan ketegangan penting untuk mencapai pelepasan orgasme.

Dalam mengatasi orgasm anxiety, dr. Blair psikolog klinis mengatakan bahwa setidaknya mereka dapat memahami dengan sungguh-sungguh akan tubuh mereka. "Tingkatkan pengetahuan diri. Semakin nyaman dan mengenali tubuh kamu sendiri, maka lebih sedikit untuk kamu merasakan kecemasan saat berhubungan intim," kata dr. Blair.

Terdapat sejumlah cara yang untuk meningkatkan pengalaman seksual dan mengurangi perasaan cemas dalam orgasme. Berikut tips umum yang perlu dilakukan ketika mengalami orgasm anxiety.

-          Tingkatkan pengetahuan dan eksplorasi diri

Luangkan waktu untuk melakukan eksplorasi diri secara seksual. Hal ini bukan hanya sekadar melakukan masturbasi, namun juga disertai dengan imajinasi juga hal-hal seksual baru lainnya. Tubuh manusia berubah dari waktu ke waktu dan apa yang sempat membuatmu terangsang bisa saja berubah atau meningkat.

Tujuan dari eksplorasi diri bukanlah untuk mencapai orgasme dengan cepat, melainkan untuk menyadari apa yang membuat sensasi menyenangkan dan apa yang menenangkanmu secara mental.

-          Komunikasi dengan pasangan seks

Mengatakan dengan jujur bahwa kamu mengalami orgasm anxiety kepada pasangan seks kamu adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Lakukan diskusi sebelum atau sesudah seks dengan pasangan bahwa orgasme bukan menjadi tolak ukur atas ketertarikan diri dengan pasangan atau kenikmatan pengalaman seksual.

-          Kurangi distraksi dan nikmati momen

Stres pada umumnya dapat menjadi kontributor besar dalam orgasm anxiety. Pastikan untuk mengurangi distraksi saat sedang berhubungan seks dan gunakan banyak waktu untuk rileks dan menikmati satu sama lain sebelum berfokus pada klimaks.

Konsultasikan masalah kesehatan seksual kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang! 

 

Digital Dokterid
Mar 01  -  3 min read