Your browser does not support JavaScript!
Kenali Gejala Sederhana Terkena Kanker Rahim
Kenali Gejala Sederhana Terkena Kanker Rahim

Kanker rahim biasanya ditemukan pada dinding rahim. Kanker rahim merupakan salah satu kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Sekitar 7000 wanita didiagnosa mengidap kanker rahim setiap tahunnya. kanker ini sering terjadi pada wanita berusia 50 tahun ke atas. Pada dasarnya kanker ini tumbuh di dinding rahim kemudian berkembang ke jaringan tubuh yang lain melalui jalur pembuluh darah.

Mengetahui stadium awal kanker rahim
Secara umum terdapat 2 jenis kanker rahim, yaitu endometrial dan ulterian. Endometrial merupakan jenis kanker rahim yang paling sering terjadi, sementara ulterian lebih jarang terjadi. Terdapat berbagai gejala awal timbulkan kanker rahim.
Pada awalnya, wanita yang terdeteksi kanker rahim akan mengalami periode penyangkalan. Kebanyakan dari mereka berpikir jika kanker rahim hanya terjadi pada orang tua saja, padahal kanker rahim juga dapat terjadi pada wanita berusia muda. Berikut adalah tanda-tanda awal kanker rahim. Jika Anda mengalaminya segera hubungi dokter.

 

Penurunan berat badan tiba-tiba
Penurunan berat badan tidak dapat terjadi secara tiba-tiba bukan? Jadi jika tiba-tiba Anda kehilangan berat badan sebanyak 5kg dalam waktu misalkan 1 bulan saja, tanpa ada olahraga atau perubahan diet, artinya Anda harus waspada. Ini bisa berarti tanda munculnya kanker rahim. Segera konsultasikan ke dokter Anda.

 

Kembung
Jika Anda sering merasa kembung dan merasa perut terasa penuh walaupun Anda tidak makan banyak, berhati-hatilah, karena bisa saja merupakan tanda kanker rahim. Jika Anda merasa kembung kemudian diikuti nyeri di pinggul atau perut mungkin juga hal ini suatu tanda kanker rahim. Jika kejadian ini hanya terjadi 1 kali maka Anda tidak perlu takut, tetapi jika terjadi selama 1 minggu maka Anda harus segera konsultasikan dengan dokter.

 

Perubahan pada payudara
Anda tentu mengenal payudara Anda sendiri bukan? Anda mungkin tidak memeriksanya setiap hari tetapi tentu Anda akan menyadari jika ada perubahan pada ukuran dan tekstur payudara Anda. Ada saat Anda merasa kulit payudara Anda menebal dan timbul ruam kemerahan. Terkadang Anda merasa payudara membengkak. Jika iya, kemungkinan hal tersebut merupakan tanda kanker payudara.

 

Menstruasi yang tidak normal
Jika Anda megeluarkan darah saat sedang menstruasi maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi jika Anda mengeluarkan darah diantara masa menstruasi, maka ini tidak normal. Anda harus memastikan bahwa tidak ada yang salah dengan tubuh Anda. Jika perdarahan ini terjadi tidak teratur dan terus menerus, segera ke dokter karena kemungkinan hal tersebut tanda dari kanker rahim.

 

Perubahan kulit
Jika Anda ingin mengetahui apakah Anda terkena kanker kulit maka Anda harus memeriksa perubahan pada tahi lalat. Bahkan Anda harus memeriksa apakah terjadi perubahan pigmentasi pada kulit Anda. Tetapi jika Anda memperhatikan adanya perdarahan pada kulit dan juga kulit mengelupas, mungkin Anda terkena kanker rahim.

 

Baca Juga:  8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kanker Rahim

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang



Sumber: boldsky

Aug 05  -  3 min read