Your browser does not support JavaScript!
Kenali Gejala Kencing Nanah, Salah Satu Penyakit Menular Seksual
Kenali Gejala Kencing Nanah, Salah Satu Penyakit Menular Seksual

Kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang paling sering terjadi, penyakit ini bisa terjadi pada pria dan wanita. Lalu, bagaimana Anda mengetahui jika Anda mengidap kencing nanah?

Gejala pada wanita

Bagi wanita, hal utama yang terkena adalah serviks. Namun, seperti yang disebutkan di atas, kencing nanah bisa menyebar ke rahim dan tuba falopi jika tidak diobati. Seringkali wanita tidak mengalami gejala yang dapat dikenali. Jika memang demikian, maka dapat menimbulkan keluhan:

  • Pendarahan abnormal, perdarahan setelah melakukan hubungan intim
  • Menstruasi yang lebih berat
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Keputihan
  • Iritasi pada daerah luar miss V
  • Perut bagian bawah terasa sakit
  • Pembengkakan pada vulva

Gejala pada pria

  • Buang air kecil terasa sakit atau perih
  • Keluarnya cairan tidak normal berwarna putih, kuning, atau hijau dari Mr. P
  • Rasa sakit pada testis
  • Radang atau pembengkakan pada kulup.

Pada infeksi kencing nanah yang tidak diobati, bakteri dapat menyebar ke saluran reproduksi sehingga menyebabkan gangguan kesehatan. Apabila melakukan seks oral atau seks anal maka pria dan wanita juga bisa terkena infeksi di tenggorokan, dubur, dan mata.

Berikut Efek Bila Kencing Nanah Tidak Diatasi

Hal yang paling umum terjadi dari kencing nanah yang tidak diobati adalah penyakit radang panggul (PID) yaitu  infeksi serius pada saluran reproduksi wanita.

Gonococcal PID sering muncul segera setelah menstruasi, ini menyebabkan jaringan parut terbentuk di tuba falopi. Jika tuba falopi sebagian terluka, sel telur yang dibuahi mungkin tidak bisa masuk ke dalam rahim. Jika ini terjadi, embrio dapat ditanamkan di dalam tuba yang menyebabkan kehamilan tuba (ektopik). Komplikasi serius ini bisa mengakibatkan keguguran dan bisa menyebabkan kematian ibu.

Meski kasus yang jarang, kencing nanah yang tidak diobati dapat menyebar melalui darah ke persendian. Hal ini bisa menyebabkan radang sendi, yang sangat serius.

Jika Anda terinfeksi kencing nanah, risiko infeksi HIV meningkat. HIV, human immunodeficiency virus, menyebabkan AIDS. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencegah diri terkena kencing nanah atau diobati lebih awal jika Anda sudah terinfeksi.

Apa yang Saya Lakukan Jika Didiagnosis dengan Kencing nanah

Kencing nanah bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Penting untuk mengambil semua obat yang diresepkan untuk menyembuhkan kencing nanah. Obat Anda seharusnya tidak dibagikan dengan siapa pun.

Anda harus tahu, bagaimanapun, bahwa meskipun pengobatan akan menghentikan infeksi, tidak akan memperbaiki kerusakan permanen yang telah dilakukan oleh penyakit ini. Ketahanan antimikroba pada kencing nanah semakin meningkat, dan keberhasilan pengobatan kencing nanah menjadi semakin sulit.

Jika gejala Anda berlanjut lebih dari beberapa hari setelah menerima perawatan, Anda harus kembali ke dokter agar bisa dievaluasi ulang dan mungkin diberi pengobatan alternatif.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Menular Seksual

Sumber: verywell

Digital Dokterid
Jan 06  -  3 min read