Your browser does not support JavaScript!
Kekurangan Vitamin Dan Mineral Ternyata Dapat Sebabkan Kerontokan Rambut
Kekurangan Vitamin dan Mineral Ternyata Dapat Sebabkan Kerontokan Rambut

Jika Anda mengalami kerontokkan rambut lebih banyak daripada biasanya, Anda mungkin harus mulai memperhatikan menu makanan Anda. Kekurangan vitamin D dan zat besi mungkin juga turut berperan dalam kerontokkan rambut Anda.

Para peneliti di Mesir menemukan bahwa para wanita yang mengalami kerontokkan rambut ternyata juga mengalami kekurangan vitamin D2 dan zat besi. Kerontokkan rambut ini juga akan semakin parah seiring dengan semakin rendahnya kadar keduanya.

Para peneliti menduga hal ini mungkin dikarenakan vitamin D turut berperanan dalam pengaturan ekspresi gen yang berfungsi untuk memicu pertumbuhan folikel rambut normal. 

Hubungan antara kekurangan zat besi dengan kerontokkan rambut diduga terjadi akibat terhambatnya produksi suatu enzim penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, seperti yang terjadi pada tikus percobaan.

Oleh karena itu, konsumsilah setidaknya 600 IU vitamin D setiap harinya dan 800 IU vitamin D setiap harinya jika Anda berusia lebih dari 71 tahun. Mengkonsumsi suplemen vitamin D juga dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin D harian Anda dan mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, dan patah tulang.

 

Sumber: prevention

Eko Siswanto
Feb 11  -  1 min read