Your browser does not support JavaScript!
Kebutuhan Nutrisi Untuk Wanita Usia 20 Hingga 40 Tahun
Kebutuhan Nutrisi untuk Wanita Usia 20 hingga 40 Tahun

Penting bagi kita untuk mengetahui cara mencukupi kebutuhan disetiap fase usia. Fungsinya, pemahaman untuk menjadi 'kompas' bagi para wanita agar nikmat menjalani hidup dan tampil awet muda di usia tua.

Berikut ini adalah kebutuhan nutrisi wanita di berbagai jenjang usia. Simak yuk!

Usia 20-an

Minum cukup air putih

Saat kamu sedang bergegas memulai aktifitas seperti ke sekolah, ke kantor atau kegiatan sosial lain, kita sangat gampang melupakan kondisi hidrasi tubuh. Padahal tubuh yang terhidrasi dengan baik, kunci melawan suhu panas tubuh dari aktifitas yang sedang dilakukan. Lantas solusinya apa? Bawalah botol air besar kemana kamu pergi, dan minumlah setidaknya dua liter air setiap hari.

Cukupi kandungan kalsium

Perhatikan asupan kalsium dan asam folat tubuh kamu ya ladies. Jangan lupa bahwa di usia 20-an, tubuh masih dalam kondisi membangun tulang. Seberapa banyak tubuh membutuhkan kalsium? 1.000 mg kalsium setiap hari. Dan kamu bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari beberapa jenis makanan seperti yoghurt, susu, tahu, sarden dll.

Usia 30-an

Ganti asupan makanan

Di usia ini, seharusnya wanita sudah tidak menerapkan pola makan seperti masa remaja. Di usia 30-an metabolisme mulai melambat dan wanita mulai kehilangan massa ototnya. Untuk itu, ganti asupan makanan yang berasal dari olahan karbohidrat (roti dan kue) atau minuman manis dengan asupan makanan dari makanan segar dan air.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Seks dengan Konsumsi Super Food

Sempatkan berolahraga 

Massa otot wanita akan menurun sekitar lima persen setiap dekade dan penurunan itu dimulai usia 30-an. Oleh sebab itu, agar massa otot terjaga, tambahkan sedikit olahraga berat seperti angkat beban ke dalam porsi olahraga rutin kamu. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi protein dalam jumlah yang memadai untuk membantu menghindari hilangnya massa otot.

Usia 40-an

Perbanyak makan sayur & rutin olahraga

Kolesterol dan tekanan darah akan naik seiring kamu mendekati fase menopause. Untuk itu, lindungi jantung kamu sebisa mungkin ya ladies. Caranya, usahakan untuk berolahraga rutin dan makan makanan sehat. Sementara untuk pola makan, sebaiknya perbanyak mengonsumsi sayuran berwarna hijau gelap dan buah-buahan segar.

Cukupi vitamin D dan antioxidan 

Di fase ini penting untuk memperhatikan asupan vitamin D dalam tubuh. Sebab, fase simpanan vitamin D daam tubuh dan menurun padahal tubuh perlu vitamin ini agar kalsium diserap dengan baik. Selain itu, vitamin D membantu menjaga sistem imun tetap kuat serta membantu kamu menghindari kanker payudara dan kanker usus besar.

Selain vitamin D, kamu juga perlu mencukupi kandungan antioksidan seperti vitamin A, C dan E. Sebab, kandungan itu membantu kamu mencegah atau menunda kerusakan sel yang menyebabkan terjadinya penuaan. 

Sementara makanan yang direkomendasikan pada fase ini adalah paprika merah, jeruk, wortel, ubi jalar dan kacang-kacangan.

Baca juga: Makanan Ini Bisa Bangkitkan Rasa Bahagia Lho!

Sumber: Herworld

Digital Dokterid
Jan 14  -  3 min read