Your browser does not support JavaScript!
Kata Siapa Menstrual Cup Menghilangkan Keperawanan?
Kata Siapa Menstrual Cup Menghilangkan Keperawanan?

Pada umumnya, perempuan menggunakan pembalut saat sedang menstruasi. Namun, sekarang ini, beberapa perempuan sudah mencoba menggunakan menstrual cup sebagai alat yang membantu menampung darah menstruasi. 

Menstrual cup merupakan alat higienis yang digunakan pada vagina saat menstruasi. Tak hanya higienis, menstrual cup terbilang ramah lingkungan lantaran dapat digunakan berulang dan cukup lama.

Menurut dr. Darrell Fernando, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Mayapada Hospital Kuningan (MHKN), menstrual cup cukup aman digunakan serta minim efek samping. 

Meski begitu, sejauh ini beredar banyak mitos seputar penggunaan menstrual cup. Kami merangkum mitos menstrual cup yang perlu kamu ketahui, sebagaimana dilansir dari laman Times Now News.

Tidak cocok untuk perempuan dengan pendarahan banyak 

Nyatanya, menstrual cup dapat digunakan oleh siapapun, baik yang mengalami pendarahan ringan maupun dengan pendarahan banyak. Kamu hanya perlu membersihkan menstrual cup ketika sudah penuh dan kembali menggunakan. 

Menstrual cup akan hilang di dalam vagina

Kamu tak perlu khawatir akan hilangnya menstrual cup di dalam vagina saat penggunaannya. Peletakan menstrual cup saat penggunaannya adalah di kanal vagina, sehingga tak memungkinkan menstrual cup berpindah ke bagian tubuh lainnya. 

Tak hanya itu, menstrual cup sendiri memiliki ujung yang memudahkan kamu untuk menemukan menstrual cup tersebut di dalam vagina. 

Menstrual cup dapat merenggut keperawanan 

Menstrual cup nyatanya tak memiliki hubungan dengan keperawanan. Bila didefinisikan, kehilangan keperawanan hanya terjadi ketika kamu melakukan penetrasi dengan seseorang. Banyak yang beranggapan bahwa dengan menggunakan menstrual cup akan merusak selaput dara (hymen) pada perempuan. 

Perlu dipahami bahwa rusaknya selaput dara bukanlah menjadi tolak ukur akan keperawanan seseorang. Hal tersebut didukung dengan adanya kasus di saat seorang perempuan lahir tanpa selaput dara atau bahkan merusak selaput dara mereka dengan adanya aktivitas dari luar. 

Alasan kamu perlu beralih ke menstrual cup:

  • Lebih higienis dibandingkan dengan tampon dan pembalut
  • Lebih aman dibandingkan dengan produk kewanitaan yang lain
  • Eco friendly
  • Lebih hemat

 

Perfectcup Menstrual Cup bisa dibeli di Shop.Dokter.id sekarang, mumpung sedang promo.

 

Digital Dokterid
Nov 09  -  3 min read