Your browser does not support JavaScript!
Kasus Hepatitis Misterius Pada Anak Melonjak, Berkaitan Dengan Vaksin Covid-19?
Kasus Hepatitis Misterius pada Anak Melonjak, Berkaitan dengan Vaksin Covid-19?

Bermula di Inggris, kini penyakit hepatitis pada anak telah memaparkan sejumlah anak di DKI Jakarta. Tak hanya memaparkan, Kemenkes RI pun telah melaporkan kasus kematian pada anak yang diduga disebabkan oleh hepatitis.

Sebelumnya, sempat beredar isu yang mengatakan bahwa adanya keterkaitan antara Covid-19 dengan penyakit hepatitis pada anak. Melansir laman Detik, adenovirus tipe 41 yang ada di dalam virus hepatitis berkaitan dengan vaksin Covid-19 lantaran pengembangan vaksin covid yang berisikan adenovirus di dalamnya.

"Penyebabnya masih menjadi penelitian. Namun yang jelas, ada dua kubu saat ini antara yang dikaitkan dengan adenovirus, ada pula yang dikaitkan dengan infeksi Sars-COV-2. Karena penelitian di Israel, satu tahun sebelum terinfeksi hepatitis umumnya mereka terinfeksi Sars-COV-2," beber epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman.

Meski tidak terbukti jelas terkait hubungan antara vaksinasi Covid-19 dengan penyakit hepatitis, namun telah diketahui bahwa terdapat satu jenis vaksin covid yang mengandung adenovirus.

Sementara banyak dikaitkan dengan vaksin Covid-19, terdapat penguat fakta bahwa hanya anak di bawah usia 5 tahun yang terpapar hepatitis misterius. Sebagaimana diketahui, anak di bawah 5 tahun belum dapat menerima vaksinasi Covid-19.

Kasus hepatitis pada anak di Amerika pun diketahui terjadi akibat infeksi adenovirus dan hal tersebut tidak memberikan dampak yang besar, melainkan hanya gejala ringan dan hanya berdampak pada anak dengan daya tahan tubuh yang lemah.

 

Digital Dokterid
May 04  -  2 min read