Your browser does not support JavaScript!
Kamu Lebih Memilih Meninggalkan Atau Ditinggalkan Orang Terdekat?
Kamu Lebih Memilih Meninggalkan atau Ditinggalkan Orang Terdekat?

Fear of Abandonment (FOA) merupakan sebuah istilah yang diterapkan kepada orang yang memiliki trauma atau kekhawatiran akan perginya orang terdekatnya. FOA ini dapat menimpa siapapun, namun kebanyakan di antaranya merupakan orang-orang yang memiliki trauma di masa kanak-kanak. 

FOA bukanlah sebuah penyakit mental, melainkan sebuah kondisi yang dibekali dengan adanya trauma. Apakah bisa healing? Tentu bisa. Namun, perasaan FOA ini tidak dapat sepenuhnya menghilang dari individu yang mengalaminya. 

Kamu bisa bantu untuk menghilangkan FOA secara perlahan dengan memaafkan orang-orang yang sempat membuat kamu trauma saat masih kecil. Tak hanya orang lain, kamu juga harus dapat menerima dan memaafkan diri sendiri. 

Seperti apa gejala dari Fear of Abandonment?

  • Sulit untuk mempercayai orang lain
    Orang dengan FOA cenderung tidak ingin terlalu terikat dengan orang lain. Hal ini disebabkan dengan adanya pemikiran bahwa orang terikat tersebut pergi meninggalkannya sendiri. 

  • Pola hubungan tak sehat
    Dibekali oleh adanya trauma di masa kecil, kebanyakan dari penyintas FOA cenderung memiliki hubungan yang tak sehat, baik dalam keluarga maupun dengan pasangan dan teman. 

  • Sulit untuk komitmen
    Sulit untuk berkomitmen juga menjadi salah satu gejala dari FOA. Kamu akan sulit untuk berkomitmen karena memiliki ketakutan akan seseorang yang kamu cintai meninggalkanmu di kemudian hari. 

  • Menjadi people pleaser
    Orang dengan Fear of Abandonment cenderung sulit untuk menjadi diri mereka sendiri. Mereka cenderung menjadi People Pleaser, atau menjadi orang lain demi dapat diterima oleh orang lain. 

  • Terlalu cepat move on
    Memiliki sifat cepat move on merupakan hal yang baik, namun ini bisa jadi sebagai tanda bahwa kamu punya Fear of Abandonment. Orang dengan FOA akan cenderung cepat jatuh cinta ke orang lain, namun juga cepat untuk melupakan orang tersebut. 

  • Sulit menerima perpisahan
    Meskipun orang dengan FOA cenderung lebih cepat move on dibandingkan orang tanpa FOA, namun mereka merupakan orang yang sulit untuk menerima perpisahan. Berpisah dengan orang yang sempat dekat dengannya akan membuat mereka terpuruk.

    Healing is possible, trust the process!

 

Edwin Suryana
Sep 28  -  3 min read