Your browser does not support JavaScript!
Istilah Throuple Dalam Hubungan Non-monogami
Istilah Throuple dalam Hubungan Non-Monogami

Throuple dan Open relationship merupakan bentuk dari hubungan non-monogami, namun apakah keduanya sama? Jawabannya tidak. Melansir dari Healthline, open relationship biasanya terjadi ketika dua orang menyetujui untuk membuka hubungan mereka secara seks, tanpa adanya unsur romantis maupun cinta di dalamnya. Lantas apa yang dimaksud dengan throuple?

Throuple merupakan hubungan yang terdiri dari tiga orang yang bersifat seimbang, konsensual, dan dengan komitmen. Menurut Anna Dow, LMFT, kata "throuple" biasanya diartikan sebagai "tiga serangkai" di dalam komunitas non-monogami. Disadur dari Women’s Health, terdapat sejumlah hal yang perlu diketahui terkait hubungan throuple.

  • Tidak ada formula khusus

Throuple dapat dilakukan oleh siapapun tanpa mempedulikan identitas gender dan orientasi seksual mereka. Psikolog klinis Ann Rosen Spector, PhD, mengungkapkan bahwa kebanyakan throuple melibatkan pasangan suami istri atau hubungan jangka panjang yang memilih untuk menambahkan satu orang ke dalam hubungan tersebut.

  • Punya keuntungan yang nyata

Spector mengatakan bahwa ketika melibatkan orang ketiga, ada kesempatan untuk kamu dan pasangan asli kamu membuka diri ke kualitas yang mungkin kalian inginkan namun tak bisa diberikan oleh satu sama lain.

  • Memungkinkan menghasilkan hubungan yang sehat

Terlibat di dalam hubungan throuple dapat menggairahkan kehidupan asmara apabila disertai dengan adanya keinginan, nilai, dan impian yang sama rata. Dengan adanya kesetaraan aspek tersebut, maka sangat memungkinkan untuk terciptanya hubungan yang sehat.

  • Pentingnya ketahui batasan

Tiap hubungan tentu memiliki batasan, tanpa terkecuali dengan throuple. "Ini semua tergantung pada tiga belah pihak dan bagaimana mereka ingin menetapkan peraturan," ucap psikoterapis LGBTQIA+ Jennifer Schneider, LICSW, LCSW.

  • Kecemburuan tetap dapat hadir

Cemburu merupakan hal yang sangat nyata, baik di dalam hubungan monogami maupun poligami. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam hubungan throuple, Schneider menganjurkan untuk "observasi, membicarakan, dan mengatur" tentang kecemburuan dengan bersikap terbuka, serta melakukan pendekatan secara bersama.

 

Konsultasikan masalah hubungan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Feb 08  -  2 min read