Your browser does not support JavaScript!
Insecure Mulut Bau Saat Puasa?
Insecure Mulut Bau Saat Puasa?

Permasalahan yang sering ditemukan ketika sedang berpuasa adalah bau aroma mulut. Hal ini bisa terjadi karena perut kosong dan akhirnya membuat asam lambung menjadi naik akhirnya menguap kerongga mulut. Selama puasa tubuh kita tidak makan atau minum apapun sehingga membuat mulut kita menjadi kering, dan akibatnya mulut tersebut membuat bakteri berkembang, bakteri tersebut peyebab utama dari bau mulut.

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut ketika sedang berpuasa? Simak tips ampuh dibawah ini!

1.     Gosok gigi teratur

Menyikat gigi secara teratur dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut sehomgga bakteri di dalam mulut mati. Usahakanlah rajin menyikat gigi ketika sahur dan sebelum tidur di malam hari.

 

2.     Mengkonsumsi air yang cukup

Saat sedang berpuasa kita seharusnya kita memenuhi cairan di tubuh kita. Ketika sahur atau buka puasa usahakanlah minum air putih yang banyak. Jika asupan cairan dalam tubuh terpenuhi air liur kita dapat mencegah perkembangan bakteri di mulut. Disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas saat sahur atau berbuka puasa.

 

3.     Konsumsi teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau bisa menghilangkan bau mulut, kenapa teh hijau bisa menghilangkan bau mulut? Karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan alami yaitu zat polyphenol yang dapat menghilangkan bakteri pada mulut.

 

 

4.     Konsumsi apel

Apel ternyata dapat mencegah timbulnya bau mulut, karena di dalam apel mengandung polifenol yang bisa membantu menjaga kebersihan rongga mulut. Ketika kita kunyah apel, ternyata apel bisa membantu mengkonsumsi air liur yang bisa membersihkan mulut secara sendirinya. Disarankan mengkonsumsi apel ketika sahur.

 

5.     Membersihkan lidah

Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan membersihkan lidah, karena dengan membersihkan lidah kita bisa menjaga kesehatan mulut. Lidah merupakan tempat yang banyak bersarang bakteri, sehingga dapat menyebabkan bau mulut. Nah apa bila rajin menyikat gigi tetapi tidak membersihkan lidah, bakteri yang terdapat di gigi bisa pindah ke lidah. Jadi penting banget bukan untuk membersihkan lidah.

 

Baca juga: Tips Mencegah Bau Mulut

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Dipo Hartono
Apr 29  -  3 min read