Your browser does not support JavaScript!
Ini Cara Alami Mengatasi Masalah Kulit Kering Sampai Kulit Berminyak
Ini Cara Alami Mengatasi Masalah Kulit Kering Sampai Kulit Berminyak

Apakah Anda merasa percaya diri bila tampil tanpa make-up? Bila jawabannya adalah tidak karena mengalami beberapa masalah kulit seperti kulit merah, kering atau sangat berminyak maka semua itu memerlukan perawatan. Perawatan di salon memang mudah untuk didapatkan namun bisa menghabiskan dana yang cukup banyak.

Bila Anda ingin mencoba cara yang alami, aman dan hemat maka perawatan alami adalah jawabannya.

Berikut adalah cara merawat kulit dengan bahan alami dan berdasarkan jenis kulit:

Apabila Anda memiliki kulit berminyak

  • Masker pisang dan madu

Untuk membantu menghilangkan minyak dan jerawat, maka pisang adalah pilihan yang tepat. Dimana pisang mengandung zinc dan vitamin C yang akan membantu melawan jerawat dan mengontrol produksi minyak.

Caranya:

Hancurkan 1 buah pisang, tambahkan 2 sendok makan madu dan beberapa tetes air lemon dalam mangkuk. Aduk secara merata kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk bersih.

  • Masker labu dan madu

Masker ini sangat baik untuk membantu pengelupasan sel kulit mati. Karena madu berguna sebagai anti peradangan dan mencegah wajah berjerawat.

Caranya:

Campurkan labu kalengan organik, ½ sendok susu penuh lemak dan 1 sendok teh. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk bersih.

Apabila wajah Anda berjerawat

  • Masker aspirin

Masker ini untuk membantu mengatasi jerawat dan menenangkan kulit yang iritasi.

Caranya:

Hancurkan 3 tablet aspirin atau lebih bila bila Anda ingin mengoleskan lebih banyak, tambahkan sedikit air sehingga menjadi adonan kental. Tambahkan beberapa tetes madu. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk bersih.

  • Masker buah plum

Masker ini baik untuk kulit yang mudah berjerawat, meski baik juga untuk semua jenis kulit. Buah plum mengandung vitamin A, C, E, K, dan B kompleks, selain itu juga kaya akan beta karoten, zat besi, kalium dan magnesium. Sehingga bisa membantu melindungi sel kulit dari radikal bebas dan membantu membuat kulit menjadi lebih elastis.

Caranya:

Hancurkan 3-4 buah plum, campurkan dengan ½ sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan madu, 1 sendok teh greek yogurt. Oleskan pada wajah sambil dipijat dan diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Apabila Anda memiliki kulit kering

  • Masker lidah buaya dan alpukat

Buah alpukat kaya akan asam lemak dan vitamin yang akan menutrisi sel kulit, menjaga kelembaban kulit, sehingga mengatasi kulit kering dan mengelupas. Lidah buaya menenangkan kulit dan sebagai anti peradangan.

Caranya:

Hancurkan 1.2 buah alpukat dalam mangkuk, campurkan 2 sendok makan getah lidah buaya, 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan madu. Campurkan dan oleskan pada kulit yang kering, diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat

  • Masker madu + pelembab Anda

Bila Anda ingin mencoba yang lebih simple maka cukup gunakan madu yang di campurkan ke pelembab yang Anda gunakan. Seperti Kita ketahui madu berfungsi sebagai pelembab yang akan membantu menutrisi kulit.

Caranya:

Cukup ambil pelembab Anda ke tangan kemudian campurkan dengan 1-2 tetes madu kemudian oleskan pada kulit wajah Anda setiap malam. Besok baru bilas dengan bersih.

Bila Anda memiliki kulit kemerahan

  • Masker timun dan oatmeal

Kedua bahan ini berguna untuk mengatasi peradangan.

Caranya:

Campurkan 2 cangkir oatmeal dengan 1 buah timun yang dihaluskan. Oleskan pada wajah diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Anda bisa menggunakan cara ini sekitar 2 kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Baca juga: Kenapa Selangkangan Menghitam?

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: womenshealthmag

Sep 04  -  5 min read