Your browser does not support JavaScript!
Hindari Makanan Ini Saat Sedang Hamil
Hindari Makanan Ini Saat Sedang Hamil

Asupan ibu hamil sangat penting untuk perkembangan janin. Untuk itu, perlu diketahui asupan apa saja yang harus dihindari oleh ibu hamil agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Berikut daftarnya:

Telur setengah matang
Pastikan telur yang Anda makan itu matang dengan benar. Telur mentah kemungkinan mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Keracunan makanan yang mengandung salmonella dapat menyebabkan perut kram, muntah, diare, demam dan pada kasus tertentu bisa terjadi keguguran.

Makanan yang dikemas tidak benar
Anda pernah mendengar bakteri bernama listeria? Listeria dapat menyebabkan penyakit disebut listeriosis. Untuk wanita hamil listeriosis dapat menyebabkan gejala seperti flu. Tetapi saat listeria ditularkan ke janin maka dapat menyebabkan keguguran. Makanan sisa atau makanan yang tidak dikemas dengan baik harus dihindari karena kemungkinan terkontaminasi listeria.

Keju lunak
Hindari keju lunak seperti brie, camembert dan keju bercorak biru atau blue-veined cheese seperti stilton. Keju-keju ini sangat mungkin mengandung listeria- dapat menyebabkan keguguran dan meninggalnya janin di dalam kandungan. Hindari juga keju yang berbahan dasar susu kambing atau domba yang tidak dipasteurisasi, seperti keju feta, karena bisa mengandung toksoplasmosis.

Daging mentah atau setengah matang
Saat makan di luar dan memesan steak, pastikan steak dimasak well done serta hindari daging ham, hati dan suplemen minyak ikan. Daging dapat membawa risiko toksoplasmosis, listeria dan salmonela jika belum dimasak dengan matang. Hati mengandung vitamin A dalam kadar yang cukup tinggi yang dapat membahayakan perkembangan janin Anda.

Ikan jenis tertentu
Ikan sering terkait dalam berbagai pola diet, termasuk diet pada wanita hamil. Tetapi ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil seperti ikan lele, ikan todak, ikan marlin, ikan hiu karena kemungkinan sudah terkontaminasi merkuri dengankadar yang tinggi. Merkuri dapa menyebabkan keterlambatan perkembangan janin.

Sumber: magforwomen

Dipo Hartono
Sep 23  -  2 min read