Your browser does not support JavaScript!
Gejalanya Mirip, Ini Perbedaan Tubercolusis Dengan Covid-19
Gejalanya Mirip, Ini Perbedaan Tubercolusis dengan Covid-19

Tuberculosis atau kerap disebut dengan TBC merupakan penyakit yang memengaruhi pernapasan seseorang, sama halnya dengan Covid-19. Dikutip dari E Medicine Health, TB merupakan penyakit yang berinfeksi yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis yang umumnya berdampak pada paru-paru.

Meski sama-sama berdampak pada paru-paru, nyatanya TB dan Covid-19 merupakan dua jenis penyakit yang berbeda. Perbedaannya terletak pada penyebab juga transmisi, masa inkubasi, serta diagnosisnya.

-          Penyebab

Penyakit ini disebabkan oleh jenis bakteri yang berbeda. TB disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan mycobacterium tuberculosis, sedangkan Covid-19 disebabkan oleh virus yang disebut dengan coronavirus atau SARS-Cov-2.

-          Transmisi

Kedua penyakit ini dapat menyebar melalui droplet yang dikeluarkan oleh orang ke udara saat batuk ataupun bersin. Orang hanya perlu menghirup beberapa bakteri tuberkulosis untuk terinfeksi; orang tanpa gejala yang memiliki infeksi TB laten tidak dapat menyebarkan penyakit. Berbeda dengan Covid-19, dapat ditularkan melalui udara dengan kontak dekat, tetapi pasien tanpa gejala juga dapat menyebarkan penyakit.

-          Masa inkubasi

Seseorang dapat terdeteksi positif dalam tes tuberkulin antara 2 hingga 12 minggu setelah terpapar, namun bakteri biasanya tidak aktif, dan masa inkubasi untuk aktifnya penyakit tersebut adalah antara satu hingga dua tahun.

Jauh lebih singkat, masa inkubasi untuk Covid-19 adalah antara 2 hingga 14 hari dengan rata-rata masa inkubasi yakni 5 hari.

-          Diagnosis

TB dapat terdiagnosa dengan tes tuberkulin kulit dan rontgen dada, sedangkan Covid-19 terdiagnosa dengan tes PCR dan antigen.

Tak hanya kasus Covid-19 yang menjulang tinggi di Indonesia, nyatanya Indonesia menjadi negara ke-3 dengan kasus TB terbanyak di dunia. Dikutip dari CNN Indonesia, tercatat secara global bahwa terdapat 10 juta orang di dunia yang terserang TB dalam Global Tuberculosis Report 2021. Sebanyak 824 ribu kasus di antaranya berasal dari Indonesia. Sedangkan dua negara yang memiliki kasus terbanyak TB lainnya adalah India dan China. 

 

Digital Dokterid
Mar 24  -  2 min read