Your browser does not support JavaScript!
Gejala Ketidaksuburan Dilihat Dari Menstruasi
Gejala Ketidaksuburan Dilihat dari Menstruasi

Ketidaksuburan bukanlah masalah yang baru terdengar di kalangan perempuan maupun laki-laki. Dalam kesehatan perempuan, ketidaksuburan ini dapat dideteksi secara dini, yakni melalui observasi pada masa haid. 

Disadur dari laman Motherly, siklus menstruasi menjadi salah satu bukti nyata terhadap persiapan rumah untuk bayi di kemudian hari. Terdapat tujuh gejala menstruasi yang juga menjadi gejala dari ketidaksuburan yang perlu memiliki perhatian khusus. Lantas, apa sajakah gejala dari ketidaksuburan dalam segi menstruasi?

  • Menstruasi yang sangat berlebih

    Kamu mungkin pernah mengalami menstruasi yang berlebih, namun bila menstruasi yang terlalu berlebihan nyatanya bisa menjadi salah satu gejala dari ketidaksuburan. Ini bisa menjadi salah satu gejala yang kemudian didiagnosis sebagai endometriosis atau gangguan pada jaringan lapisan dinding rahim.
     
  • Rasa sakit yang sangat berlebihan 

    Rasa sakit atau kram pada perut selama masa menstruasi merupakan hal normal untuk dialami tiap perempuan. Namun, bila rasa sakit ini sangat berlebihan maka bisa jadi menjadi gejala dari ketidaksuburan.

    Bila rasa kram ini berlebihan hingga membuat kamu tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan terjadi setiap masa menstruasi, maka kamu perlu dikonsultasikan ke profesional. 

  • Masa menstruasi

    Pada umumnya, menstruasi berlangsung selama paling sedikit 3 hari dan paling lama 7 hari. Jika kamu mengalami menstruasi lebih atau kurang dari waktu tersebut maka kamu perlu berikan perhatian khusus terhadap hal tersebut. Kamu bisa mencari jawaban dari hal tersebut dengan mengkonsultasikannya. 

  • Jerawat parah

    Jerawat merupakan salah satu masalah yang berkaitan erat dengan hormon, baik pada perempuan maupun laki-laki. Jerawat yang parah menjadi salah satu gejala dari ketidaksuburan lantaran adanya kaitan antara hormon dengan siklus menstruasi. 

  • Munculnya rambut pada dada dan dagu

    Kemunculan bulu pada perempuan di area dagu dan dada juga dikabarkan menjadi salah satu masalah pada hormon. Jika bulu pada area tersebut masih terbilang sedikit, maka kamu tak perlu khawatir. Kamu mungkin bisa melakukan pengecekkan apabila rambut atau bulu yang tumbuh terlihat berlebihan. 

  • Tidak menstruasi

    Tidak menstruasi walau tak sedang mengandung pun menjadi salah satu gejala dari kemungkinan akan ketidaksuburan tubuh. 

 

Konsultasikan masalah kesehatan seksual kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!



Digital Dokterid
Dec 24  -  3 min read